Aksi Kemanusiaan Komunitas Pecinta Alam Bagikan Paket Sayur ke Tukang Becak

  • Whatsapp

Bantaeng – Pandemi Corona Virus Disease atau COVID-19 yang melanda dunia bahkan Indonesia berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat kalangan menengah kebawah.

Pasalnya, ditengah pandemi ini masyarakat dihadapkan dengan aktifitas yang tidak biasa, seperti anjuran pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk tetap di rumah saja.

Bacaan Lainnya

Akibat pembatasan aktifitas ini, berdampak pada mata pencarian masyarakat, sehingga salah satu komunitas manusia pecinta alam (Mapia) terpanggil untuk memberikan bantuan bagi masyarakat menengah kebawah.

Aksi kemanusiaan yang ditunjukkan komunitas Mapia Uluere Bantaeng ini dengan membagikan sayur mayur hasil perkebunan kepada tukang becak.

Komunitas Mapia menyerahkan langsung paket sayur ke Posko COVID-19 dan diterima langsung oleh Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin di Posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, di jalan Dr. Ratulangi Lembang, Kamis, 23 April 2020.

Jamal selaku perwakilan komunitas Mapia yang juga pemuda asal Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan ini mengatakan, pandemi COVID-19 membuat aktifitas masyarakat sangat terbatas.

Seperti contoh para tukang becak yang kesehariannya bergantung pada penumpang yang ingin memakai jasa pengantarannya.

Karena pembatasan aktifitas, tidak ada lagi masyarakat yang keluar rumah, penghasilan mereka pun menurun.

Melihat problem tersebut membuat dirinya terpanggil bersama teman-temannya yang tergabung dalam komunitas Mapia untuk menyumbangkan hasil kebunnya yang berada di daerah pegunungan Kecamatan Uluere.

“Sasaran pembagian paket sayur terutama tukang becak yang menunggu penumpang dari pagi hingga petang untuk menghidupi keluarganya namun tak ada tanda-tanda penumpang yang mendekatinya,” ujar Jamal kepada jurnalis Aksara.

Baca Juga :   Polres Bantaeng Berhasil Membekuk Terduga Penyalahgunaan Narkoba Jenis Shabu

Kata Jamal, dengan upaya yang dilakukan saat ini, semoga dapat membantu  dan meringankan beban mereka para tukang becak yang melakukan aktifitas ditengah pandemi COVID-19 ini.

Penulis: Muhammad Ramli
Editor: Riswan Hulalata

Pos terkait