Aktifitas Belajar di Bantaeng Belum DIbuka, Ini Kata Kadis Muhammad Haris

  • Whatsapp

Bantaeng – Menyikapi masa darurat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tengah pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Muhammad Haris, M.Si meminta kepada seluruh siswa untuk tetap belajar di rumah.

“Ini kami sampaikan untuk menyikapi masa darurat Covid-19. Selain itu, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) Nomor 4 Tahun 2020 dimana belajar di rumah dilaksanakan secara mandiri dengan pembelajaran secara daring atau online melalui interaksi belajar yang menyenangkan,” ungkap Haris saat di sambangi di ruang kerjanya pada Jumat (12/06/2020) siang tadi.

Kepada Media ini dirinya menjelaskan bahwa, pihaknya sudah merancang Buku panduan Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ) berdasarkan panduan tersebut guru memberikan perlakuan pembelajar kepada siswa dengan menggunakan mekanisme komunikasi, kolaborasi, konfirmasi dan kontrol.

“Jadi, pihak Sekolah membuat Lembar Kegiatan Siswa (LKS), selanjutnya guru mengantar ke setiap rumah siswa, kemudian menjemput hasil kerja siswa. Ini adalah salah upaya untuk meringankan beban Siswa dimasa pandemi dalam pemberian tugas-tuga Sekolah. Peserta didik tidak harus dibebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan,” Jelasnya.

Disinggung soal proses belajar mengajar di Sekolah dirinya menerangkan jika, sampai saat ini, pihaknya masih menunggu hasil analisis dari Tim Tanggap yang nantinya akan ditindak lanjuti oleh Dispenbud dengan menyiapkan beberapa skenario pembelajaran di Sekolah,”Untuk Aktifitas Pembelajaran di Sekolah, kami menunggu hasil analisis dari Tim Tanggap Covid-19. Saya rasa ini akan lebih baik. Mohon bantuannya para orang tua untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan dan pendampingan putra putrinya,” Terangnya.

Dirinya menambahkan, untuk tahun ajaran baru akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Kendati demikian, para siswa di himbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, menyediakan antiseotic di ruangan guru, serta menyediakan tempat cuci tangan di gerbang masuk sekolah. Selain itu, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan secara online.

Baca Juga :   Sat Reskrim Polres Bantaeng Ungkap Penggelapan Ratusan Unit Ponsel

“Kepada pengawas sekolah tetap melakukan tugas dan fungsinya untuk melakukan monitoring dan evaluasi bersama pejabat stuktural baik kegiatan belajar siswa maupun pelaksanaan ulangan di rumah masing – masing,” Kuncinya.

Peliput : Ramli | Editor : Redaktur

Pos terkait