Beda Haluan Politik, dua Sangadi dan satu Camat Diganti Bupati Boltim

  • Whatsapp
Bupati Sam Sachrul Mamonto foto bersama Sekda, para Asisten, Camat Motongkad dan Sangadi Modayah dua dan Sangadi Molobog Timur. (Foto: aksaranews.com)

Boltim, aksaranews.com Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., menunjuk dua Sangadi (Kepala Desa) Molobog Timur kecamatan Motongkad dan Modayag dua kecamatan Modayag sebagai penjabat sementara menggantikan penjabat sebelumnya, Selasa (09/03/2021).

Dua penjabat sementara Sangadi yang baru dilantik yakni Dolli Mokoagow SE menggantikan Sandra Dewi Tololiu sebagai Sangadi Molobog Timur dan Sarini Paputungan menggantikan Sangadi Modayag II.

Bacaan Lainnya

Selain dua Sangadi baru, Bupati Sachrul menunjuk Abdul Haris Bumulo sebagai pelaksana tugas (Plt) Camat Motongkad menggantikan Irwan Tololiu.

Bupati Sachrul Mamonto usai menyerahkan SK penunjukkan menyampaikan selamat kepada kedua sangadi yang hari ini disumpah.

“Ini sebuah jabatan sementara, dan memang dalam regulasinya jabatan Plt itu harus selalu diperpanjang. Dalam regulasi undang-undang ASN harus seperti itu, Plt itu harus bisa setiap tiga bulan ya, pak sekda, ya harus diperpanjang lagi,” ujar Bupati.

Kata Sachrul, tidak boleh ada Pelaksana tugas itu kemudian selama bertahun-tahun menjabat Plt, itu sudah menyalahi aturan.

“Saya Bupati Bolaang mongondow timur saat ini kita akan evaluasi semua Plt. Kalau masih layak kita perpanjang lagi. Nanti saya minta catatan Plt di Pemkab Boltim. Kita akan tinjau lagi,” tegas Sachrul Mamonto.

Mantan ketua DPRD Boltim periode 2014-2015 ini menegaskan kepada penjabat yang baru dilantik untuk tidak sombong dalam menjalankan tugas, karena jabatan hanya bersifat sementara.

“Jangan pernah kita merasa sombong dengan jabatan kita. Jabatan bupati, jabatan wakil bupati, jabatan Sekda para asisten, semua akan diambil.”

“Jangan jadi arogan ketika menjadi sangadi. Berusaha seadil-adilnya kepada rakyat. Jangan karena sangadi ada garuda, camat sudah ada garuda, dan berbuat sewenang-wenang,” tegas Sachrul.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh aparat di Desa yang meski tidak memilih dirinya bersama wakil bupati Oskar Manoppo untuk terus terap bekerja.

“Jadi untuk bapak ibu yang kemarin tidak sejalan dengan saya dan pak Oskar, tidak suka dengan saya dan pak Oskar silahkan saja terus bekerja, jangan khawatir, kalau rejeki ya tetap rejeki. Tidak usah terpengaruh dengan isu-isu,” ucapnya.

Kata dia, Aparat Desa Modayag II yang merupakan Desa dimana dirinya tinggal saat ini, tidak memilih dan tidak menginginkan dirinya menjadi Bupati, namun karena kuasa Allah Sachrul Oskar yang menang dan jadi Bupati dan wakil Bupati Boltim terpilih.

“Kalau kemarin rata-rata dari kalian ini (Aparat Desa Modayag II) tidak ingin saya jadi Bupati. Allah berkata lain. Saya menjadi Bupati. Kita berada di Desa yang sama, dengan rumah yang hanya berjarak mungkin 10, 20 atau 30 meter, terlalu dekat torang. Saya memafkan kalian (tepuk tangan). Tapi ada catatan-catatan (tepuk tangan), santai saja tidak perlu tegang,” ucap Sachrul Mamonto sembari mengundang aparat desa minum kopi di ruangannya.

Adapun Pelantikan dan Sumpah Janji Jabatan Penjabat Sementara Sangadi dilaksanakan di lantai 3 kantor Bupati Boltim, dihadiri Para Asisten, Kepala OPD, Camat dan ASN lingkungan pemerintah Boltim.

Penulis: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait