Benny Rhamdani, Putra BMR yang Dilantik Jokowi Sebagai Kepala BP2MI

  • Whatsapp

Jakarta – Presiden Joko Widodo melantik Benny Rhamdani sebagai Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/04/2020).

Mantan Senator daerah pemilihan Sulawesi Utara dan juga putra Bolaang Mongondow Raya (BMR) ini mengambil sumpah jabatan mengenakan dasi dan masker berwarna kuning emas sesuai dengan warna partai Hanura.

Bacaan Lainnya

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segara peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Benny saat mengambil sumpah dituntun Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta.

Di hadapan Jokowi, politikus Hanura ini bersumpah akan menjalankan tugas dan jabatan dengan menjunjung etika jabatan, menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela.

Benny pun dilantik berdasarkan Keppres No 72/TPA tahun 2020 tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi utama di lingkungan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tertanggal 13 April 2020.

Adapun BP2MI ini dibentuk menindaklanjuti terbitnya UU No 18 tahun 2018 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia yang diundangkan pada 22 November 2017.

BP2MI menggantikan badan sebelumnya yang mengurus pekerja migran yaitu Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Sebelumnya, Undang-Undang yang mengatur penggantian nama badan tersebut mengatur sejumlah perubahan fundamental tentang tata kelola pekerja migran Indonesia, di antaranya adalah tentang perubahan istilah dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), persyaratan menjadi PMI serta hak dan kewajiban PMI, perlindungan sebelum, selama dan setelah bekerja dan jaminan sosial bagi PMI. (**)

Baca Juga :   Kabar Baik, Pasien Sembuh COVID-19 di Indonesia Jadi 1.107

Pos terkait