Bersama Disperindag, BBPOM Manado Siap Kawal UMKM Untuk Go Public

  • Whatsapp

Manado, Aksaranews.com — Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan kota Manado, Sandra M.P Linthin siap kawal dan dampingi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Manado untuk bersaing dan go publik.

Diketahui, Hal tersebut dikatakan Sandra saat melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Perindusterian dan Perdagangan Kota Manado, Hendrik Waroka.

“Kami harapkan dengan pendampingan ini, produk – produk UMKM ini bisa punya daya saing, dan go public. Jadi intinya ada perhatian dari pemerintah kepada masyarakat terlebih khusus UMKM,” ucap Sandra Linthin, Kamis (17/9/2020).

Lanjut, Linthin menjelaskan sayarat – syarat UMKM untuk go puclik, salah satunya ialah dengan memiliki nomor izin edar. Karena diketahui saat ini banyak yang terkendala disitu, banyak produk UMKM yang belum memiliki nomor izin edar.

“Pendampingan ini juga bertujuan untuk membantu mereka memenuhi salah satu syarat untuk go public, yaitu nomor surat izin edar. Karena dengan adanya surat izin edar ini berarti produk mereka sudah layak untuk dikonsumsi dan di edarkan ke masyarakat luas,” tuturnya.

Linthin juga menambahkan, BPOM juga akan melakukan edukasi kepada pelaku UMKM bagaimana menyediakan produk yang sehat dan baik.

“Mulai dari pemilihan bahan baku dan sampai proses akhir. Yang penting juga itu kemasannya, labelnya itu ada persyaratan jangan samlai ada kata – kata yang terlihat seperti membohongi masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Manado, Hendrik Waroka menyambut baik langkah dari BPOM ini, katanya, hal hal seperti ini penting dilakukan agar pelaku UMKM yang ada di Manado punya daya saing nantinya.

“Saat ini banyak UMKM di Manado yang punya potensi, namun belum punya persyaratan seperti nomor izin edar dan lain sebagainya daei BPOM. Ini adalah kesempatan yang bagus bagi mereka, bagi para pelaku UMKM, kami Disperindag memfasilitasi agar produk bisa memenuhi syarat, layak edar dan memenuhi standart kesehatan,” tutup Hendrik Waroka.

Baca Juga :   Hut Ke 75, PMI Manado Gelar Kegiatan Donor Darah, JPAR: Setetes Darah Anda, Menyelamatkan Mereka Yang Membutuhkan

 

Pewarta: Dpk | Editor: Redaksi

 

 

 

Pos terkait