BST Kemensos Tahap Pertama di Desa Pattallassang Mulai Disalurkan

  • Whatsapp

Bantaeng – Pemerintah Desa Pattallassang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap pertama dari Kementrian Sosial (Kemensos) kepada masyarakat yang terdampak  pandemi COVID-19, bertempat di Aula kantor desa, Juma’at (15/05/2020).

Ratusan Warga Pattallassang terlihat mengantri untuk menerima BTS dari Kemensos berjumlah Rp600 ribu yang diperuntukkan bagi 200 Kepala keluarga (KK) Yang tersebar di delapan dusun pattallassang.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Pattallassang, Subhan, SE.MM mengatakan, bantuan berupa uang tunai disalurkan bagi warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang akan diberikan dalam tiga tahap.

“Untuk tahap pertama dikeluarkan, di desa Pattallassang yang dibayarkan pada hari juma’at dalam satu Kecamatan Tompobulu telah dibayarkan sebesar Rp600 ribu,” ujar Subhan.

Dirinya meminta kepada warga yang terdata sebagai bantuan COVID-19 untuk membawah dokumen KTP dan KK untuk mempercepat Penyaluran Kemensos tersebut.

Lebih lanjut Subhan mengatakan bahwa pengambilan Kemensos ini dapat diwakilkan kepada istri atau anak yang terterah di dalam KK.

“Kalau yang bersangkutan tidak bisa hadir maka bisa diwakilkan oleh Istri atau Anak yang tertara pada kartu keluarga,” terangnya.

Subhan menambahkan, bahwa sesuai protokol kesehatan Penangangan COVID-19, Tim Gugus Pattallassang  menyiapkan tempat cuci tangan serta mengatur jarak bagi warga yang akan mengambil BST Kemensos RI.

PT Pos Indonesia cabang Bantaeng menargetkan, penyaluran BTS tahap pertama dari Komensos RI tuntas dalam satu hari selesai di wilayah Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

Baca Juga :   Pemkab Bantaeng Ketambahan 5 Unit Kendaraan Penunjang Layanan Publik

Selain BST, PT Pos Indonesia Cabang Bantaeng ditunjuk oleh Pemprov Sulsel dan ditindak lanjuti oleh pemerintah Kabupaten untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 120 kepala keluaraga yang sudah terdata.

Berbeda halnya dengan Komensos, penyaluran BLT dari Pemerintah Kabupaten diantarkan langsung kerumah warga yang terdampak Covid-19. Adapun anggaran BLT yang akan disalurkan di desa pattallassang kurang lebih sebanyak Rp200 juta.

Reporter: Ramli │ Editor: Redaksi

Pos terkait