Cara KNPI Bantaeng Bangun Semangat dan Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan Pemudanya

  • Whatsapp
Cara KNPI Bantaeng Bangun Semangat dan Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan Pemudanya
dialog bertajuk "Kreatif Thinking" untuk membangun semangat pemuda dalam mengembangkan potensi kreativitas

Bantaeng, aksaranews.com Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi (Sulsel) menggelar dialog bertajuk “Kreatif Thinking” untuk membangun semangat pemuda dalam mengembangkan potensi kreativitas, berlangsung di Gedung KNPI Bantaeng, Minggu (14/03/2021) Siang.

Dialog tersebut dikemas dalam bentuk Ngopi Pemuda Berintelektual, menghadirkan dua Narasumber diantaranya influencer atau konten Creator ternama dimakassar Rijal Djamal dan Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin, yang dipandu dari perwakilan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bantaeng Suarni Dewi, dan dihadiri sejumlah pemuda dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Ketua KNPI Bantaeng, Muhammad Yahya Lutfi menyampaikan untuk mempersiapkan pemuda menjadi pemimpin yang tangguh maka perlu menciptakan ruang belajar yang mempertemukan generasi muda dari berbagai bagian ekosistem untuk menjalin hubungan otentik melalui percakapan mendalam dan pengalaman yang bermakna.

“Dengan bekal ini, kesadaran kolektif dan pergeseran paradigma dapat terjadi, sehingga akhirnya bermuara pada aksi-aksi kolaboratif yang mengupayakan kesejahteraan bersama dan bukan sekedar memajukan kepentingan sebagian,” kata Muhammad Yahya Lutfi.

Kata Yahya Lutfi, tujuan utama dialaog pada hari ini untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan personal dan kolektif di kalangan generasi muda sehingga mampu menghadapi tantangan sosial, ekologi, dan spiritual yang semakin kompleks.  Selain itu, menjembatani dialog antar generasi, antar sektor, antar wilayah untuk memperluas perspektif, menyelaraskan tekad, perhatian, dan aksi nyata untuk mengembangkan potensinya.

“Mengembangkan jejaring pemimpin-pemimpin muda untuk dapat saling berbagi pengalaman, pelajaran dan berbagi sumber daya yang dimiliki. Kemudian mendorong dan memfasilitasi kolaborasi antar generasi muda untuk mewujudkan pemuda kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin yang hadir sebagai narasumber mengaku sangat senang dan mendukung kegiatan dialog dimaksud.

“Kabupaten Bantaeng sendiri telah melahirkan inovasi kreatif dalam mengembankan potensi kaum muda. Tentunya Kami membutuhkan pemuda-pemudi yang peduli dan mau melakukan sesuatu untuk kemajuan dibantaeng. Kami membutuhkan ide-ide kreatif dan inovatif, sektor pemuda, maupun lintas sektor,” ucap Bupati Ilham.

Pada kesempatan yang sama Rijal Djamal selaku Content Creator mengatakan, bahwa hidup dalam berkarya jangan hidup dengan bekerja, bagaimana membentuk jiwa anak muda menjadi jiwa yang membangun.

“Kami harapkan kepada peserta dialog yang hadir, tetap memiliki jiwa semangat dan bangkit untuk mengembangkan potensi kreatifmu dan tetap berinovasi demi memajukan suatu daerah khusus dibantaeng,” harap Rijal.

Salah satu peserta dialog mengungkapkan dialog kreatif thinking  sangat bermanfaat bagi individu maupun organisasi.

“Sebagai anggota KNPI Bantaeng kami merasa sangat terbantu dengan ide-ide hebat hasil diskusi dengan orang muda dan itu sangat menginspirasi kami untuk terus berbuat sesuatu bagi kemajuan disuatu daerah,” beber peserta dialog.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait