Cegah Covid-19, Personil Polres Bantaeng Jalani Rapit Test

  • Whatsapp

Bantaeng – Kepolisian resort (Polres) Bantaeng Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng melakukan rapid test bagi personil, sebagai langkah skrining awal deteksi dini penyebaran Corona Virus Diseases atau Covid-19 khususnya di lingkungan kerja Polres Bantaeng, bertempat di Aula Endra Dharmalaksana 99 Polres Bantaeng, Rabu (03/06/2020).

Kapolres Bantaeng AKBP Wawan Sumantri ST, SH, MH., yang memimpin langsung rapid test sekaligus menjadi peserta pertama yang menjalani test, menyampaikan bahwa hari ini rapid test tahap I dilakukan kepada 50 orang Personil Polres Bantaeng, Semoga Saja tidak ada personil Polres bantaeng yang terpapar Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah proses rapit test tadi, bagi anggota personil Polres Bantaeng berjalan dengan lancar, sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19,” ujar Kapolres Bantaeng.

Menurut Kapolres, Polri adalah salah satu instansi yang tidak kerja di rumah. Resiko terpapar corona cukup tinggi karena selama wabah covid -19, polisi masih melakukan pelayanan dan berinteraksi dengan masyarakat.

Dirinya menyebut, rapid test dilingkungan Polres Bantaeng penting untuk dilakukan, mengingat Personil Polres Bantaeng khsususnya sektor lingkungan kerja Polres saat bertugas di tengah masyarakat, sering berinteraktif dengan banyak orang sehingga berpotensi terpapar covid-19, untuk itu rapid test ini dilakukan sebagai langkah antisipasi.

“Saya juga mengapresiasi Personil yang dengan kesadarannya mengikuti rapid test tersebut dan alhamdulillah dari sekian banyak yang ikut rapid test hasilnya non reaktif,” kata Wawan Sumantri.

Adapun, Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi. Rapid test ini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19. Tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR).

Baca Juga :   Tingkatkan Produksi Nelayan, Pemkab Bantaeng Serahkan Alat Tangkap Ikan Berbasis Teknologi

Peliput: Ramli │ Editor: Redaksi

Pos terkait