Dinsos Boltim Verifikasi Data Penerima BST Tahap III

  • Whatsapp

Boltim – Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ni’ma Mokoagow mengatakan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap tiga bagi warga terdampak virus korona atau Covid-19 masih menunggu verifikasi data penerima.

Pasalnya, pada penyaluran bantuan tunai sebelumnya masih banyak ditemui di lapangan ketidaksesuaian Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bacaan Lainnya

“Kemungkinan awal bulan Juli BST tahap tiga disalurkan, sesudah dilakukan verifikasi data penerima,” ungkap Ni’ma Mokoagow, Rabu (24/06/2020).

Agar tidak terjadi tumpang tindih penerima BST, menurut Ni’ma verifikasi data sangat penting. Karena ditemukan ada Nomor Induk Keluarga (NIK) pada DTKS tidak sesuai dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) penerima bantuan.

“Ada yang sudah meninggal masih tercatat sebagai penerima. Juga penerima yang telah mendapatkan bantuan serupa sebelumnya, agar tidak terjadi tumpang tindih. Ada juga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tercatat sebagai penduduk tetapi tidak ada di desa tersebut,” terang Ni’ma.

Sejauh ini kata dia, ada sekitar 115 KPM yang berhasil terverifikasi dan kepastian keseluruhan penerima bantuan masih menunggu data yang akan diberikan Kementerian Sosial (Kemensos).

“Sejauh ini, sekitar 115 KPM yang telah kami perbaharui, tapi belum bisa dipastikan berapa jumlah yang berhak menerima bantuan BST karena masih menunggu data dari Kemensos,” pungkas Mokoagow sambil menambahkan ada perubahan penyaluran dari kantor pos yang sebelumnya hanya tiga hari untuk mengantisipasi jangan sampai membahayakan kesehatan.

Peliput: Fichi │ Editor: Redaksi

Baca Juga :   Bersama Tim Terpadu, Pjs Bupati Boltim Laksanakan Rapat Tindak Lanjut Permohonan Investasi

Pos terkait