DLH Siap Bantu Pemdes Tangani Sampah

  • Whatsapp

AKSARA, Boltim – Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) siap membantu Pemerintah Desa (Pemdes) dalam hal penanganan sampah rumah tangga di Desa Tutuyan Induk Kecamatan Tutuyan.

Demikian seperti yang dikatakan oleh Kepala DLH Boltim, Sjukri Tawil bahwa, pihaknya siap membantu Pemdes dalam kegiatan pembenahan sampah di Desa terutama sampah yang berada di Desa Tutuyan Induk.

Bacaan Lainnya

“Kami, dari pihak DLH tetap siap membantu apapun langkah-langkah positif yang desa ambil terkait penanganan sampah,” kata Sjukri kepada Media ini saat disambangi diruang kerjanya pada, Selasa (07/07/2020) siang tadi.

Dirinya menambahkan jika, sebenarnya untuk sampah rumah tangga di Desa bukan tanggung jawab dari pihaknya, namun sepenuhnya hal tersebut menjadi tanggung jawab penuh pemerintah desa terkait.

Saat ini sambungnya, pihak DLH masih menunggu jadwal dari pihak Pemdes untuk menindaki tumpukan sampah tersebut.

“Saya sekarang menunggu koordinasi terkait jadwal untuk dilakukannya tindakan penanganan sampah dari pihak Pemdes,” tukas Sjukri Tawil.

Disinggung soal langkah DLH dalam upaya mengatasi persoalan sampah tersebut, Sjukri menerangkan bahwa, pihaknya berencana akan menjadikannya kompos.

“Untuk sekarang kita juga belum memiliki TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Jadi langkah yang akan kita ambil untuk mengatasi tumpukan sampah ini, hanya dengan menjadikanya kompos,” terang Mantan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Boltim tersebut.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa (Kades) Tutuyan Induk Kecamatan Tutuyan, Brury Paputungan kepada Aksaranews.com mengungkapkan bahwa, dalam pekan ini pihaknya akan melakukan tindakan kerja bakti untuk penanganan sampah.

“Nanti saya akan menghubungi pihak DLH untuk turut membantu menangani tumpukan sampah tersebut. Jika tidak ada aral melintang, hari Jumat ini akan kami laksanakan kerja bakti,” ungkapnya.

Baca Juga :   DPRD dan Pemkab Boltim Bahas Rancangan KUPA-PPAS Tahun Anggaran 2020

Pewarta: Fichi | Editor: Redaksi

Pos terkait