Giatkan Monev di Wilayah Jangkauan, LRSLU Minaula Kendari Pastikan Progres LU Tepat Sasaran

  • Whatsapp

AKSARA, Malut – Guna memastikan bantuan sosial (Bansos) P7rogram Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU) tersalurkan dengan tepat sasaran dan bermanfaat bagi lansia penerima, Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari terus melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di 8 Provinsi sebagai wilayah jangkauan.

Belum lama ini, Kegiatan Monev dilakukan terhadap 26 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang tersebar di tiga Provinsi, yakni Sulawesi Tengah (Sulteng), Maluku dan Maluku Utara (Malut). Ke-26 LKS tersebut, merupakan mitra Loka Minaula Kendari dalam penyaluran bantuan sosial Progres LU Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Kepala Loka Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari Monev sebelumnya yang telah dilaksanakan di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara (Sulut).

“Nantinya semua LKS mitra penyaluran Progres LU yang tersebar di delapan Provinsi jangkauan akan dilakukan monitoring dan evaluasi,” kata Syamsudin

Untuk Provinsi Malut sendiri terang Syamsudin, total Lansia yang berhak menerima bantuan sebanyak 600 lansia. Jumlah tersebut berdasarkan Monev yang dilakukan secara serentak di beberapa wilayah jangkauan pada, Selasa (18/08/2020) hingga Jumat (21/08/2020) lalu.

“Di Provinsi Malut tepatnya Kota Tidore Kepulauan hasil Monev mendapati 165 lansia yang dapat bantuan,” terangnya.

Dirinya menegaskan, setiap petugas yang melakukan monitoring telah dibekali dengan internalisasi nilai-nilai anti Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta gratifikasi. Pihaknya juga berharap, proses monitoring dapat berjalan dengan optimal dan objektif.

Baca Juga :   Polda Malut Terkesan 'Lempar Bola' Terkait Kasus Kekerasan Terhadap Wartawan

Selain melakukan pemeriksaan laporan pertanggungjawaban dana bantuan sosial dan uji petik kepada lansia sebagai penerima, Loka Minaula juga melakukan pembinaan dan evaluasi kinerja LKS dalam melakukan pendampingan terhadap lansia guna memanfaatkan bantuan.

Salah satu pengurus LKS, Yunita mengatakan sangat senang atas kedatangan tim dari Loka Minaula. Sebab bukan hanya melakukan pemeriksaan laporan pertanggungjawaban, tetapi juga memberi motivasi sebagai dorongan kepada LKS untuk lebih baik lagi kedepannya.

“Yang disampaikan itu, berupa nasehat-nasehat terkait tata kelola LKS dan metode pendampingan kepada lansia, sehingga dapat mendorong kami untuk bisa lebih baik lagi,” kata Yunita.

Sekedar diketahui bahwa, Loka Minaula Kendari telah menyalurkan bantuan sosial Progres LU kepada 7.060 lansia melalui 94 LKS yang tersebar di 8 provinsi sebagai wilayah jangkauan, yang meliputi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulteng, Gorontalo, Sulawesi Utara (Sulut), Maluku dan Malut, serta Papua dan Papua Barat, dimana bantuan yang diberikan berjumlah Rp 2,7 juta/lansia yang terbagi atas tiga komponen, diantaranya Bantuan Bertujuan sebesar Rp 1,5 juta, Dukungan Keluarga Rp 500 ribu, dan Perawatan Sosial Rp 700 ribu.

Peliput: Sadan | Editor: Redaksi

Pos terkait