Hadiri Rapat Pleno KPU, Bupati Bantaeng Sampaikan Ini

  • Whatsapp

AKSARA, Bantaeng – Dalam rangka Pemutakhiran Data Pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar Rapat pleno rekapitulasi data pemilih berkelanjutan pada periode 2020.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Kantor KPU Bantaeng pada Selasa (18/08/2020) sekitar pukul 14.10 wita sore tadi, dihadiri Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Azikin.

Bacaan Lainnya

Bupati Ilham yang sempat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut menyampaikan komitmen Pemerintah dalam mendukung proses pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan KPU sebagai penyelenggara pemilu.

“Pada intinya membangun kehidupan demokrasi, berangkat dari validasi data. Kami sebagai Pemerintah berkomitmen untuk memberi dukungan dan hadir menjadi bagian tak terpisahkan dalam proses pelaksanaan pemukhitiran Data berkelanjutan tersebut, agar seluruh kegiatan KPU yang merupakan bagian agenda Nasional dapat terlaksana sebaik mungkin,” ungkap Bupati Ilham Azikin.

Lebih lanjut ia terangkan bahwa, kerjasama antara KPU Bantaeng sebagai pihak penyelenggara pemilu dengan Disdukcapil, tak lepas dari bagian dan tanggung jawab pemerintah dalam kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“Terkait fasilitas dan dukungan dalam kegiatan pendidikan pemilih atau pendidikan politik, juga telah dilaksanakan penandatanganan naskah perjanjian kerjasama antara KPU Bantaeng dengan pihak Kesbangpol dan Linmas,” terang Ilham.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Bantaeng, Hamzar mengatakan, rapat pleno Rekapitulasi Data Pemilih berkelanjutan pada Validasi 2020 itu, merupakan agenda bulanan yang dilaksanakan KPU secara rutin dengan melibatkan beberapa pihak.

Dalam rapat pleno kata Hamzar, KPU melakukan pembaharuan data pemilih yang digunakan pada Validasi 2020. Pemilih yang diyatakan tidak memenuhi syarat akan dihapus, sedangkan pemilih yang memenuhi syarat sebagai pemilih, akan segera didaftarkan.

Baca Juga :   Penemuan Mayat di Sungai Bialo Gegerkan Warga

“Demikian pula pemilih yang mengalami perubahan status pada elemen datanya. Inilah yang kami rekap setiap bulannya dan kami agendakan dalam bentuk Rapat Pleno,” kata Hamzar.

Sementara itu, salah satu Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Sulsel, Uslimin menjelaskan, kegiatan tersebut nantinya bakal menjadi basis data awal dalam deteks yang akan dijadikan sebagai penatapan pada pemilihan yang akan datang.

Dituturkannya pula bahwa, kemungkinan besar pemilihan mendatang akan dimajukan, hal ini menyusul dengan adanya draf revisi undang-undang pemilihan keputusan Mufakat yang menyatakan jika semua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sepakat, Pemilihan Gubernur (Pilgub) akan dimajukan di tahun 2022.

Dari hasil pantauan Media ini, turut hadir dalam kegiatan antara lain, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres), Wawan Sumantri, Dandim 1610 Bantaeng, Tambohule Wulaa, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Ali Imran, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol Linmas), Anwar Hamido, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantaeng, M. Saleh, Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Sulsel, Uslimin, serta para Camat se-Kabupaten Bantaeng.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait