Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 09 Agustus adalah hari ke-221 (hari ke-222 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

09 Agustus 1924 : Sejarah mencatat, diadakannya Jambore Dunia ke-2 di Ermelunden. sebuah kota yang terletak di utara Ibu Kota Denmark, Kopenhagen pada tanggal 9 – 17 Agustus 1924. Jambore Dunia ke-2 ini secara resmi dibuka pada tanggal 10 Agustus 1924 oleh Rear-Admiral Carl Carstensen, yang mewakili Raja Christian X dari Denmark. Pada Jambore ini, para pandu tidur di luar ruangan di dalam tenda, berbeda dengan Jambore Dunia pertama yang diadakan di dalam ruangan dengan atap kaca. Sebanyak 4.549 pandu mengikuti jambore ini dan sempat basah kuyup karena hujan dan banjir, selama 1 malam mereka menginap di rumah penduduk setempat. Terdata ada empat belas Negara yang mengikuti kegiatan kompetisi kepanduan, terdiri dari tes keterampilan Scouting, tes stamina, inspeksi perkemahan, kebersihan, kedisiplinan, lagu api unggun, tarian rakyat, renang, kerajinan tangan, dan hiking pada jambore ini. Kepanduan laki-laki Amerika (The Boy Scouts of America) memenangkan kompetisi secara umum, diikuti oleh Kepanduan Inggris Raya dan Kepanduan Hungaria pada posisi ke-3.

Bacaan Lainnya

09 Agustus 1945 : Sejarah mencatat dijatuhkannya sebuah bom atom diatas Kota Nagasaki, Jepang oleh pesawat pengebom B-29 milik Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Pesawat B-29 Boeing Model 345 adalah salah satu pesawat terbesar yang berdinas selama PD II. Pesawat ini merupakan pesawat pengebom paling canggih pada masanya. Pesawat ini digunakan dalam pengeboman atas Kekaisaran Jepang dalam bulan terakhir PD II, Enola Gay membawa bom atom yang dijatuhkan dan menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki. B-29 tetap berdinas lama setelah perang selesai. Dari saat purna tugasnya pada tahun 1960-an, sekitar 3.900 pesawat telah dibangun.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

09 Agustus 1965 : Sejarah mencatat merdekanya Singapura dari Malaysia. Untuk merayakan Kemerdekaan Singapura, berbagai kegiatan dilakukan seperti Parade Nasional, pidato Perdana Menteri Singapura dan festival kembang api. Singapura adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan ketiga di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

09 Agustua 1974 : Sejarah mencatat mundurnya Richard Nixon dari jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat ke-37 dan kemudian digantikan oleh Wakil Presiden Gerald Ford. Richard Nixon merupakan presiden Amerika Serikat pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya. Pengundurannya datang sebagai tanggapan pada ruwetnya skandal yang disebut Skandal Watergate. Ia mengumumkan berakhirnya Perang Vietnam yang telah menelan korban ribuan tentara pada 23 Januari 1973. Pengumuman itu secara tidak langsung menjadi pengakuan Amerika bahwa mereka kalah perang di kancah Asia Tenggara.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait