Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 10 Agustus adalah hari ke-222 (hari ke-223 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

10 Agustus 1511 : Sejarah mencatat diserangnya Malaka oleh pasukan Portugis di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque. Serangan dimulai pada 10 Agustus 1511 dan pada 24 Agustus 1511 Malaka jatuh kepada Portugal. Sultan Mahmud Syah kemudian melarikan diri ke Bintan, Provinsi Kepilauan Riau, Indonesia dan menjadikan kawasan tersebut sebagai pusat pemerintahan baru. Alfonso de Albuquerque sendiri dikenal sebagai seorang pelaut Portugis terkenal yang berperan dalam pembentukan Pemerintahan Kolonial Portugis di Asia. Lahir di Alhandra pada tahun 1453, di dekat kota Lisbon, Portugal, dia pada suatu masa dikenal sebagai The Great, The Caesar of the East and as The Portuguese Mars. Ayahnya, Gonçalo de Albuquerque, Lord of Vila Verde dos Francos (yang menikah dengan Leonor de Menezes) memegang posisi yang cukup penting di pemerintahan.

Bacaan Lainnya

10 Agustus 1846 : Sejarah mencatat disetujuinya pendirian Institusi Smithsonian oleh Kongres AS, sebuah cabang legislatif dari pemerintahan federal Amerika Serikat. Sistem yang dianut adalah sistem dua kamar atau bikameral, terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat. Dewan Perwakilan terdiri dari 435 anggota, masing-masing mewakili sebuah distrik dan bertugas selama dua tahun. Jumlah kursinya dibagi berdasarkan jumlah penduduk tiap negara bagian; sedangkan dalam Senat, setiap negara bagian memiliki dua Senator, tidak memandang populasi. Ada 100 orang senator, yang menjabat selama enam tahun. Smithsonian Institution adalah suatu lembaga pendidikan dan riset, yang didirikan pada tahun 1846 dan dikelola serta dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat dari donasi, kontribusi, dan keuntungan dari toko dan majalahnya – yang juga diberi nama Smithsonian.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

10 Agustus 1867 : Sejarah mencatat diresmikannya jalur kereta api pertama di Indonesia, dengan panjang kurang lebih 25 km, menghubungkan Stasiun Samarang NIS dan Stasiun Tanggung. Jalur kereta api ini berada di Daerah Operasi IV Semarang. Jalur ini mulai dibangun pada hari Jumat pada tanggal 17 Juni 1864 di Kemidjen (km 0), hingga akhirnya dibuka untuk umum pada tanggal 10 Agustus 1867.

10 Agustus 1920 : Sejarah mencatat ditandatanganinya Perjanjian Sevres oleh Wakil Sultan Mehmed VI. Penandatangan perjanjian tersebut menjadi pengakuan atas pembagian wilayah Kerajaan Ottoman setelah Perang Dunia pertama. Di antara perubahan penting akibat perjanjian itu ialah:

– Pendirian Kerajaan Hijaz. Negeri ini kemudian dianeksasi dan menjadi bagian Arab Saudi pada tahun 1932;

– Pendirian Republik Demokratik Armenia. Negeri ini kemudian diserang oleh Tentara Merah dan menjadi bagian Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia dari tahun 1923;

– Pengendalian Sekutu atas Turki Ottoman di bidang keuangan dan militer;

– Pendirian Suriah dari penjajahan Prancis, bersama dengan beberapa bagian Anatolia;

– Yunani mencaplok daerah Izmir. Kota ini menjadi bagian Turki pada tahun 1923;

– Italia ditegaskan atas kepemilikan Dodekanisa dan sebagian besar Anatolia selatan dan barat/tengah, begitupun kota pelabuhan Antalya dan bekas ibu kota Seljuk, Konya;

– Kurdistan dijadwalkan mengadakan referendum untuk menentukan nasibnya, yang menurut Bab III pasal 62-4 masuk Provinsi Mosul. Perjanjian Lausanne tahun 1923 menentukan perbatasannya sekarang.

10 Agustus 1973 : Sejarah mencatat diresmikannya Pemugaran Candi Borobudur oleh Presiden Indonesia ke-2, Soeharto. Pemugaran tersebut seleaai tahun 1984. Tidak ditemukan bukti tertulis yang menjelaskan siapakah yang membangun Borobudur dan apa kegunaannya. Diperkirakan Borobudur dibangun sekitar tahun 800 masehi, dengan perkiraan menghabiskan waktu 75 – 100 tahun lebi, hingga benar – benar rampung pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait