Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 11 Agustus adalah hari ke-223 (hari ke-224 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

11 Agustus 1919 : Sejarah mencatat Republik Weimar mengadopsi konstitusinya. Republik Weimar adalah nama yang diberikan oleh sejarawan untuk republik parlementer yang didirikan tahun 1919 di Jerman untuk menggantikan bentuk pemerintahan kekaisaran. Setelah Perang Dunia I, republik ini muncul dari Revolusi Jerman pada bulan November 1918. Pada tahun 1919, sebuah majelis nasional diselenggarakan di Weimar, di mana sebuah konstitusi baru bagi Reich Jerman ditulis, kemudian diadopsi pada tanggal 11 Agustus pada tahun yang sama. Nama resminya adalah Deutsches Reich (kadang-kadang diterjemahkan sebagai Kekaisaran Jerman, tetapi Reich juga bisa berarti alam atau tingkat pemerintahan federal), bagaimanapun, dan itu biasanya dikenal dalam bahasa Inggris hanya sebagai Jerman.

Bacaan Lainnya

11 Agustus 1934 : Sejarah mencatat dibukanya Penjara Alcatraz. Alcatraz adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Teluk San Francisco di California, Amerika Serikat. Alcatraz dahulu merupakan benteng pertahanan militer dan kemudian dijadikan penjara keamanan – ketat. Kini dia adalah sebuah situs sejarah yang dikelola oleh Dinas Pertamanan Nasional AS sebagai Tempat Rekreasi Nasional Golden Gate dan yang dibuka untuk Wisatawan. Pulau ini terdaftar sebagai Tempat Bersejarah Nasional.

11 Agustus 1952 : Sejarah mencatat dijadikannya Hussein sebagai Raja Yordania. Hussein ialah Raja Yordania dari tahun 1952 hingga 1999 dan merupakan salah satu kepala negara yang terpanjang memerintah dalam kekuasaan eksekutif di dunia.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

11 Agustus 1960 : Sejarah mencatat kemerdekaan Chad. sebuah Negara di Afrika Tengah yang terkurung daratan. Chad berbatasan dengan Libya di sebelah utara, Republik Afrika Tengah di selatan, Niger di barat, Sudan di timur dan Nigeria serta Kamerun di barat daya. Chad merupakan sebagian daripada bekas Persekutuan Afrika Prancis Khatulistiwa. Sebagai negara bekas jajahan Prancis yang terbesar, Chad termasuk Negara miskin. Lebih dari 75% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan. Pada 2000-an, keadaan sudah relatif membaik karena pendapatan per kapitanya sudah melebihi US$1.000.

11 Agustus 1983 : Sejarah mencatat Berdirinya SMA Negeri 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. sebuah SMA Negeri di Kabupaten Magelang yang terletak di ibu kota Kabupaten Magelang, tepatnya di Jalan Letnan Tukiyat, Deyangan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Walaupun Kota Mungkid bukan merupakan daerah administratif otonom, tetapi berdasarkan RTRW Kabupaten Magelang dan RDTRK Kecamatan Mungkid sejak tahun 1983, wilayah tersebut difungsikan dan ditujukkan sebagai Kawasan Pendidikan, Perkantoran, dan Pemerintahan Kabupaten Magelang.

11 Agustus 1987 : Sejarah mencatat Berdirinya Arema Malang. sebuah klub sepak bola profesional yang berasal dari Malang, Jawa Timur, Indonesia. Arema mempunyai julukan “Singo Edan”. Sejak hadir di dunia sepakbola nasional, Arema telah menjadi ikon dari warga Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) dan sekitarnya. Sebagai perwujudan dari simbol Arema, hampir di setiap sudut kota hingga gang-gang kecil terdapat patung dan gambar singa. Kelompok suporter mereka dipanggil Aremania dan Aremanita (untuk pendukung wanita).

11 Agustus 2003 : Sejarah mencatat ditangkapnya pemimpin Jemaah Islamiyah, Riduan Isamuddin atau Hambali, di Bangkok, Thailand. Jemaah Islamiyah adalah sebuah organisasi militan Islam di Asia Tenggara yang berupaya mendirikan sebuah Negara Islam raksasa di wilayah negara – negara Indonesia, Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand dan Filipina. Pemerintah Amerika Serikat menganggap organisasi ini sebagai organisasi teroris, sementara di Indonesia organisasi ini telah dinyatakan sebagai “korporasi terlarang”.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait