Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 15 Agustus adalah hari ke-227 (hari ke-228 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

15 Agustus 1914 : Sejarah mencatat mulai beroperasinya Kanal Panama atau Terusan Panama sebagai pendukung sarana transportasi air. Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan.

Bacaan Lainnya

15 Agustus 1920 : Sejarah mencatat dikalahkannya Tentara Merah atau Tentara Buruh dan Petani Soviet oleh Pasukan Polandia pada pertempuran Warsawa. Tentara Merah adalah Angkatan bersenjata yang pertama didirikan oleh kaum Bolshevik selama Perang Saudara Rusia pada 1918. Selama perang saudara, ia menjadi Angkatan bersenjata RSFS Rusia.

15 Agustus 1944 : Sejarah mencatat mendaratnya pasukan sekutu di Selatan Perancis pada peristiwa yang disebut Operasi Anvil (Allied Force). Operasi Anvil adalah operasi militer NATO terhadap Yugoslavia selama Perang Kosovo.

15 Agustus 1945 : Sejarah mencatat Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Sekutu yang dimaksud adalah Amerika Serikat. Jepang menyerah dikarenakan Amerika Serikat melakukan pengeboman strategis terhadap Tokyo, Osaka dan kota-kota besar lainnya. Bom Atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Hampir semua industri dan infrastruktur di Jepang hancur akibat perang. Pihak Sekutu melakukan repatriasi besar-besaran etnik Jepang dari negara-negara Asia yang pernah diduduki Jepang. Bersamaan dengan itu, Tentara dan Angkatan Laut Jepang masih berkuasa di Indonesia.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

15 Agustus 1945 : Sejarah mencatat peristiwa Hari Kebebasan di Korea. Korea terbagi menjadi dua negara, yakni Republik Korea (Korea Selatan) dan Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) setelah Perang Dunia II pada tahun 1945.

15 Agustus 1947 : Sejarah mencatat Kemerdekaan India dari Britania Raya. Negara ini merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaan pada 1947.

15 Agustus 1948 : Sejarah mencatat ditetapkannya garis Paralel 38 derajat sebagai pemisah antara Korea Selatan dan Utara. Ketegangan antara kedua belah pihak mencuat ketika Perang Korea meletus tahun 1950 ketika pihak Korea Utara menyerang Korea Selatan.

15 Agustus 1960 : Sejarah mencatat Kemerdekaan Republik Kongo dari Perancis. Setelah kemerdekaan pada tahun 1960, bekas wilayah Prancis dari Kongo Tengah menjadi Republik Kongo. Republik Rakyat Kongo adalah partai tunggal negara Marxis-Leninis 1970-1991.

15 Agustus 1962 : Sejarah mencatat diserahkannya Irian Barat dari tangan Belanda kepada UNTEA untuk kemudian menjadi wilayah Indonesia. Peristiwa tersebut tercatat dalam perjanjian New York. UNTEA atau United Nations Temporary Executive Authority adalah sebuah badan pelaksana sementara PBB yang berada di bawah kekuasaan Sekretaris Jendral PBB. Perjanjian New York adalah sebuah perjanjian yang diprakarsai oleh Amerika Serikat untuk pemindahan kekuasaan atas Papua barat dari Belanda ke Indonesia.

15 Agustus 1973 : Sejarah mencatat berakhirnya aksi pengeboman yang diluncurkan Amerika Serikat ke Kamboja, dalam perang Vietnam atau Perang Indocina Kedua, sebuah perang yang terjadi antara 1957 dan 1975 di Vietnam. Perang ini merupakan bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yakni Komunis dan SEATO.

15 Agustus 1975 : Sejarah mencatat terjadinya kudeta militer di Bangladesh.

15 Agustus 1997 : Sejarah mencatat kenaikan suku bunga Hong Kong dari 8% menjadi 23% dalam waktu satu malam. Peristiwa ini menjadi krisis finalsial Asia tahun 1997. Pada Oktober 1997, dolar Hong Kong, yang dipatok 7,8 ke dolar AS, mendapatkan tekanan spekulatif karena inflasi Hong Kong lebih tinggi dibanding AS selama bertahun-tahun. Pejabat keuangan menghabiskan lebih dari US$1 miliar untuk mempertahankan mata uang lokal. Meskipun adanya serangan spekulasi, Hong Kong masih dapat mengatur mata uangnya dipatok ke dolar AS. Pasar saham menjadi tak stabil, antara 20 sampai 23 Oktober, Index Hang Seng menyelam 23%. Otoritas Moneter Hong Kong berjanji melindungi mata uang. Pada 15 Agustus 1997, suku bunga Hong Kong naik dari 8 persen ke 23 persen dalam satu malam.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

15 Agustus 1998 : Sejarah mencatat terjadinya Ledakan Bom di Omagh, Irlandia Utara yang menewaskan sekitar 27 orang.

15 Agustus 2005 : Sejarah mencatat berakhirnya konflik Gerakan Aceh Merdeka Republik Indonesia (GAM-RI) dengan penandatanganan nota kesepahaman di Helsinki, Finlandia. Gerakan Aceh Merdeka, atau GAM adalah sebuah organisasi separatis yang memiliki tujuan supaya Aceh lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Konflik antara pemerintah RI dan GAM yang diakibatkan perbedaan keinginan ini telah berlangsung sejak tahun 1976 dan menyebabkan jatuhnya hampir sekitar 15.000 jiwa. Gerakan ini juga dikenal dengan nama Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF). GAM dipimpin oleh Hasan di Tiro selama hampir tiga dekade bermukim di Swedia dan berkewarganegaraan Swedia. Pada tanggal 2 Juni 2010, ia memperoleh status kewarganegaraan Indonesia, tepat sehari sebelum ia meninggal dunia di Banda Aceh.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait