Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 20 Agustus adalah hari ke-232 (hari ke-233 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

Tahun 636, Milenium ke-1, Abad ke-7, Dasawarsa 630-an : Sejarah mencatat dikuasainya Suriah dan Palestina dalam pertempuran Yarmuk oleh pasukan Arab yang dipimpin Khalid Bin Walid. Pertempuran Yarmuk adalah perang antara Muslim Arab dan Kekaisaran Romawi Timur pada tahun 636. Pertempuran ini, oleh beberapa sejarawan, dipertimbangkan sebagai salah satu pertempuran penting dalam sejarah dunia, karena dia menandakan gelombang besar pertama penaklukan Muslim di luar Arab, dan cepat masuknya Islam ke Palestina, Suriah, dan Mesopotamia yang rakyatnya menganut agama Kristen. Pertempuran ini merupakan salah satu kemenangan Khalid bin Walid yang paling gemilang, dan memperkuat reputasinya sebagai salah satu komandan militer dan kavaleri paling brilian di zaman Pertengahan. Pertempuran ini terjadi pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, khalifah Rasyidin kedua.

Bacaan Lainnya

20 Agustus 1873 : Sejarah mencatat ditemukannya galaksi NGC 2 oleh Lawrence Parsons. NGC 2 adalah galaksi spiral di rasi bintang Pegasus yang berjarak lebih dari 300 juta tahun cahaya dari Bumi. NGC 2 terletak sedikit ke selatan dari NGC 1. NGC 2 adalah galaksi spiral samar dengan magnitudo tampak 14,2.

20 Agustus 1926 : Sejarah mencatat didirikannya Nippon Hōsō Kyōkai (NHK), sebuah Perusahaan penyiaran publik Jepang

20 Agustus 1960 : Sejarah mencatat Senegal menyatakan kemerdekaannya setelah memisahkan diri dari Federasi Mali, sebuah Negara yang terkurung daratan (landlocked country) di Afrika Barat, sebelumnya merupakan jajahan Prancis. Negara terbesar kedua di Afrika Barat ini berbatasan dengan Aljazair di sebelah utara, Niger di timur, Burkina Faso dan Pantai Gading di selatan, Guinea di barat daya, serta Mauritania di barat. Perbatasannya di sebelah utara memanjang ke tengah gurun Sahara. Mayoritas penduduknya tinggal di wilayah selatan, di mana terdapat Sungai Niger dan Senegal. Negara yang dahulunya bernama Sudan Prancis ini mengambil namanya dari Kekaisaran Mali.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

20 Agustus 1991 : Sejarah mencatat diperolehnya kemerdekaan Estonia dari Uni Soviet. Republik Estonia adalah sebuah Negara berdaulat di kawasan Baltik di Eropa Utara. Estonia berbatasan dengan Teluk Finlandia di utara, dengan Laut Baltik di barat, dengan Latvia dan Teluk Riga di selatan (343 km), dan Danau Peipus (Peipsi) dan Rusia di timur (338,6 km). Di seberang barat Laut Baltik terletak Swedia, sedangkan di utaranya terdapat Finlandia. Sejak tanggal 21 Desember 2007, Estonia turut meratifikasi Perjanjian Schengen 1985, yakni perjanjian yang dibuat oleh sejumlah Negara Eropa untuk menghapuskan pengawasan perbatasan di antara mereka. Bangsa Estonia tergolong orang Fin Baltik, dan bahasa resminya adalah bahasa Esti yang serumpun dengan bahasa Suomi.

20 Agustus 1993 : Sejarah mencatat Persetujuan Damai Oslo yang ditandatangani di Norwegia. Persetujuan Damai atau secara resmi disebut “Deklarasi Prinsip-Prinsip Fasilitasi Pemerintahan Sendiri secara sementara”.

20 Agustus 2003 : Sejarah mencatat diresmikannya pembangunan Jembatan Suramadu, sebuah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait