Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 21 Agustus adalah hari ke-233 (hari ke-234 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

21 Agustus 1522 : Sejarah mencatat diadakannya perjanjian persahabatan antara Kerajaan Portugal dan Kerajaan Sunda yang diabadikan dalam prasasti Perjanjian Sunda-Portugal. Dengan adanya perjanjian tersebut, Portugis diperbolehkan membuat benteng di Sunda Kelapa. Pada awal abad ke-16, pelabuhan-pelabuhan perdagangan penting di pantai utara Pulau Jawa sudah dikuasai oleh Kesultanan Demak dan Kesultanan Banten, termasuk Banten dan Cirebon. Khawatir peran pelabuhan Sunda Kelapa semakin lemah, raja Sunda, Sri Baduga (Prabu Siliwangi) mencari bantuan untuk menjamin kelangsungan pelabuhan utama kerajaannya itu. Pilihan jatuh ke Portugis, penguasa Malaka. Dengan demikian, pada tahun 1512 dan 1521, Sri Baduga mengutus putra mahkota, Surawisesa, ke Malaka untuk meminta Portugis menandatangani perjanjian dagang, terutama lada, serta memberi hak membangun benteng di Sunda Kelapa.

Bacaan Lainnya

21 Agustus 1821 : Sejarah mencatat ditemukannya Pulau Jarvis oleh seorang awak kapal berkebangsaan Inggris, Eliza Francis. Pulau Jarvis ialah pulau tak berpenghuni seluas 4,5 km² yang terletak pada 0°22′S 160°03′W di Samudra Pasifik Selatan, hampir separuh perjalanan dari Hawaii ke Kepulauan Cook. Merupakan teritorial yang tak digabungkan ke dalam Amerika Serikat yang dikelola dari Washington, DC oleh Dinas Perikanan dan Margasatwa AS dari DepDaGri AS sebagai bagian sistem Tempat Perlindungan Margasatwa Nasional.

21 Agustus 1942 : Sejarah mencatat dimulainya pertempuran Stalingrad, sebuah pertempuran besar Perang Dunia II di mana Nazi Jerman dan sekutunya melawan Uni Soviet untuk menguasai kota Stalingrad (sekarang Volgograd) di Rusia Selatan, di perbatasan timur Eropa.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

21 Agustus 1945 : Sejarah mencatat perebutan kekuasaan kelautan oleh Pasukan Indonesia dari tentara Jepang. Peristiwa ini yang kemudian diperingati sebagai Hari Maritim di Indonesia.

21 Agustus 1945 : Sejarah mencatat didirikannya Kepolisian Negara Republik Indonesia.

21 Agustus 1945 : Sejarah mencatat diumumkannya Kemerdekaan Indonesia secara resmi di Aceh.

21 Agustus 1971 : Sejarah mencatat Devaluasi nilai tukar Rupiah dari 378,00 menjadi 415,00 per Dolar Amerika Serikat.

21 Agustus 1991 : Sejarah mencatat Latvia mendeklarasikan ulang kemerdekaan penuhnya setelah pendudukan Uni Soviet.

21 Agustus 1995 : Sejarah mencatat Ratu Beatrix dari Belanda tiba di Jakarta, kunjungan pertama dari seorang anggota kerajaan Belanda selama 14 tahun, di tengah tekanan agar Belanda mengakui 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia.

21 Agustus 1998 : Sejarah mencatat Pemerintah Indonesia mengumumkan akan menasionalisakan bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia, dalam langkah merestrukturisasikan sektor perbankan di Indonesia.

21 Agustus 2014 : Sejarah mencatat Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia menolak semua gugatan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa terkait hasil akhir Pemilihan umum Presiden Indonesia 2014.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait