Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 22 Agustus adalah hari ke-234 (hari ke-235 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

22 Agustus 1286 : Sejarah mencatat Prasasti Padang Roco menyebutkan bahwa Kertanagara, raja Singhasari di Jawa, menghadiahkan sebuah Arca Amoghapasa kepada Tribhuwanaraja, raja Melayu Dharmasraya di Sumatera. Prasasti Padang Roco adalah sebuah prasasti yang ditemukan pada tahun 1911 di hulu sungai Batanghari, kompleks percandian Padangroco, nagari Siguntur, kecamatan Sitiung, kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat. Arca Amoghapasa adalah patung batu pāduka Amoghapāśa sebagai salah satu perwujudan Lokeswara.

Bacaan Lainnya

22 Agustus 1770 : Sejarah mencatat Ekspedisi James Cook tiba di ujung utara pesisir timur Australia. James Cook adalah seorang penjelajah dan navigator Inggris. Ia mengadakan tiga perjalanan ke Samudra Pasifik dan berhasil menentukan garis-garis pantai utamanya. Cook juga membuat peta. Cook adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Hawaii. Selain itu, dia juga merupakan orang Eropa kedua yang berhasil mencapai Selandia Baru (setelah Abel Tasman) dan berhasil memetakan seluruh garis pantainya.

22 Agustus 1864 : Sejarah mencatat ditandatanganinya Konvensi Jenewa Pertama untuk melindungi korban perang oleh Dua belas Negara sekaligus memperkenalkan lambang Palang Merah. Konvensi Jenewa terdiri dari empat perjanjian, dan tiga protokol tambahan, yang menetapkan standar hukum internasional untuk pengobatan kemanusiaan perang. Istilah tunggal Konvensi Jenewa biasanya merujuk pada perjanjian tahun 1949, negosiasi pasca Perang Dunia Kedua (1939-1945), yang diperbarui dari tiga perjanjian (1864, 1906, 1929), dan menambahkan menjadi yang keempat. Konvensi Jenewa secara luas didefinisikan pada hak-hak dasar para tahanan perang (warga sipil dan personel militer); mendirikan perlindungan untuk yang terluka; dan mendirikan perlindungan bagi warga sipil di dan sekitar zona perang.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

22 Agustus 1945 : Sejarah mencatat diputuskannya pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk menjaga keamanan umum di Republik Indonesia dalam Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Pembentukan BKR merupakan perubahan dari hasil sidang PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945 yang sebelumnya merencanakan pembentukan tentara kebangsaan. Anggota BKR saat itu adalah para pemuda Indonesia yang sebelumnya telah mendapat pendidikan militer sebagai tentara Heiho, Pembela Tanah Air (PETA), KNIL dan lain sebagainya.

22 Agustus 2006 : Sejarah mencatat jatuhnya Pulkovo Airlines Penerbangan 612 di dekat perbatasan Rusia-Ukraina. Pulkovo Airlines Penerbangan 612 merupakan penerbangan yang menerbangi Anapa menuju Saint Petersburg. Kecelakaan ini terjadi di Ukraina bagian timur dekat perbatasan Rusia. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 160 penumpang dan 10 awak pesawat. Selain dari Rusia dan Ukraina, tercatat pula penumpang dari Belanda, Jerman, Perancis, dan Finlandia.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait