Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp
Kilas Balik Aksara

Kilas Balik, Aksaranews.com – Tanggal 28 September adalah hari ke-271 (hari ke-272 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

28 September 1917 : Sejarah mencatat diresmikannya Bendera Thailand merah-putih-biru-putih-merah horizontal. Bendera ini menunjukkan lima jalur yang mendatar dengan warna merah, putih, biru, putih dan merah, dengan ukuran jalur biru yang ada di tengah dua kali lebih besar dari jalur-jalur yang lain. Warna merah-putih-biru secara berurutan melambangkan “negara-agama-raja”, semboyan tidak resmi negara Thai.

Bacaan Lainnya

28 September 1945 : Sejarah mencatat didirikannya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) setelah pengambilalihan kekuasaan perkeretaapian di Indonesia dari pihak militer Jepang. DKARI (sekarang PT KAI) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT KAI meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1992, yaitu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007, yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Dengan demikian, pemberlakuan undang-undang tersebut secara hukum mengakhiri monopoli PT KAI dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia.

28 September 1950 : Sejarah mencatat diterimanya Indonesia sebagai Negara anggota di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). PBB adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa. Pada saat didirikan, PBB memiliki 51 negara anggota; saat ini terdapat 193 anggota.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

28 September 1966 : Sejarah mencatat diterimanya kembali Indonesia di PBB setelah keluar dari Organisasi ini pada 20 Januari 1965 akibat konfrontasi dengan Malaysia. Konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia dipicu oleh peristiwa perang mengenai masa depan Malaya, Brunei, Sabah dan Sarawak yang terjadi pada tahun 1962 hingga 1966.

28 September 1990 : Sejarah mencatat berdirinya Institut Teknologi Telkom (Sekolah Tinggi Teknologi Telkom). STTT adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mengkonsentrasikan program-programnya untuk mendukung perkembangan teknologi dan industri telekomunikasi. Tujuan didirikannya sekolah ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akan ilmuwan dan ahli-ahli di bidang telekomunikasi yang tumbuh sangat pesat, baik di lingkungan industri penyedia perangkat, penyedia jasa atau operator, bisnis maupun regulator.

28 September 1997 : Sejarah mencatat dilaksanakannya seri ke-14 Grand Prix Sepeda Motor Indonesia di Sirkuit Sentul. Adapun klasifikasi yang dibuka yakni 125 cc, 250 cc dan 500 cc. Valentino Rossi (Itali) saat itu naik Podium di klas 125 cc, sementara Max Biaggi (Itali) di klas 250 cc dan Tadayuki Okada (Jepang) berhasil naik podium di klas 500 cc.

28 September 1999 : Sejarah mencatat tertembaknya 2 mahasiswa hingga tewas di depan Koramil Kedaton saat demonstrasi menolak RUU Penanggulangan Keadaan Bahaya. Peristiwa ini dikenal dengan Tragedi Lampung.

28 September 2006 : Sejarah mencatat Grand opening Bandar Udara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand. Bandara ini terletak di Racha Thewa, di distrik Bang Phli, provinsi Samut Prakan. Nama Suvarnabhumi dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyadej yang artinya tanah emas. Bandara ini mempunyai menara kontrol dengan tinggi 132,2 meter. Luas terminal bandara (563.000 meter persegi) juga menjadikannya sebagai bandara yang mempunyai luas terminal tunggal kedua di dunia di bawah Bandara Internasional Hong Kong. Di Asia, bandara ini juga menjadi bandara tersibuk keempat di bawah Bandar Udara Internasional Haneda, Bandar Udara Internasional Beijing, dan Bandar Udara Internasional Hong Kong.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait