Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp
Kilas Balik Aksara

Kilas Balik, Aksaranews.com – Tanggal 28 September adalah hari ke-274 (hari ke-275 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

01 Oktober 1795 : Sejarah mencatat penjajahan Prancis terhadap Belgia. sebuah Negara di Eropa bagian barat yang di sebelah utara, Belgia berbatasan dengan Belanda, di sebelah timur dengan Jerman dan di sebelah selatan dengan Perancis dan Luxemburg. Sedangkan di sebelah barat Belgia berbatasan dengan Laut Utara, di seberang Britania Raya. Negara ini adalah sebuah kerajaan federal yang terdiri dari negara bagian: Flandria, Walonia dan Kota Brusel.

Bacaan Lainnya

01 Oktober 1869 : Sejarah mencatat Austria menerbitkan kartu pos pertama di dunia dengan nama Correspondenz-Karte.

01 Oktober 1910 : Sejarah mencatat diluncurkannya mobil Model T oleh Perusahaan otomotif Ford.

01 Oktober 1946 : Sejarah mencatat divonisnya para pemimpin Nazi di pengadilan Nuremberg. Dasar hukum pembentukan pengadilan tersebut adalah berdasarkan Piagam London, yang dikeluarkan pada tanggal 8 Agustus 1945, yang membatasi kewenangan pengadilan hanyalah untuk “menghukum para tokoh utama penjahat perang dari negara-negara Eropa”. Sebanyak 200 tersangka kejahatan perang dari Jerman diadili di Nürnberg, dan 1.600 orang lainnya diadili di pengadilan militer biasa.

01 Oktober 1949 : Sejarah mencatat Mao Zedong menyatakan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. Mao Zedong adalah seorang tokoh filsuf dan pendiri negara Republik Rakyat Tiongkok. Ia memimpin sebagai Ketua Partai Komunis Tiongkok dari berdirinya negara tersebut pada tahun 1949 sampai kematiannya pada tahun 1976. Teori Marxis-Leninis, strategi militer, dan kebijakan politiknya secara kolektif dikenal sebagai Marxisme-Leninisme-Maoisme atau Pemikiran Mao Zedong. Ia adalah salah satu tokoh terpenting dalam sejarah modern Tiongkok.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

01 Oktober 1958 : Sejarah mencatat NASA, lembaga antariksa Amerika Serikat, resmi beroperasi.

01 Oktober 1960 : Sejarah mencatat Nigeria merdeka dari Britania Raya. Nigeria adalah sebuah negara berdaulat di Afrika Barat yang berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur dan Niger di sebelah utara. Pesisir selatan negara tersebut berada di Teluk Guinea di Samudra Atlantik. Nigeria adalah sebuah negara yang berbentuk republik federal yang terdiri dari 36 negara bagian, serta Wilayah Ibu Kota Federal yang merupakan letak ibu kota negara Abuja.

01 Oktober 1961 : Sejarah mencatat bersatunya Kamerun Timur dan Barat menjadi Republik Federal Kamerun. Negara ini disebut “Afrika dalam miniatur” karena banyaknya ragam geologi, dan budayanya. Daerahnya memiliki pantai, gurun, gunung, hutan hujan, dan savana. Titik tertinggi adalah Gunung Kamerun di barat daya, dan kota-kota terbesar adalah Douala, Yaoundé, dan Garoua. Kamerun memiliki lebih dari 200 kelompok etnis, dan bahasa. Negara ini juga dikenal dengan gaya musiknya yang khas, terutama makossa, dan bikutsi, dan dengan tim nasional sepak bolanya. Bahasa Inggris, dan Prancis adalah bahasa resmi.

01 Oktober 1964 : Sejarah mencatat Kereta peluru Jepang (Shinkansen) memulai operasinya; jalur pertama dari Tokyo ke Osaka. Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, tetapi kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut.

01 Oktober 1965 : Sejarah mencatat Peristiwa Gestok (Gerakan Satu Oktober) di Jakarta, enam jenderal TNI AD senior dan beberapa orang lainnya dibunuh di Lubang Buaya dini hari dalam upaya kudeta yang disalahkan ke Batalyon I (Tjakrabirawa) yang dianggap loyal kepada PKI. Panglima Komando Strategi Angkatan Darat saat itu, Mayjen Soeharto kemudian mengadakan penumpasan terhadap gerakan tersebut.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait