Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp
Kilas Balik Aksara

Kilas Balik, Aksaranews.com – Tanggal 02 Oktober adalah hari ke-275 (hari ke-276 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

02 Oktober 1187 : Sejarah mencatat direbutnya Yerussalem yang dikuasai Pasukan Salib selama 88 tahun oleh Salahuddin Ayyubi. Yerussalem merupakan salah satu kota tertua di dunia, terletak di sebuah dataran tinggi di Pegunungan Yudea antara Laut Tengah dan Laut Mati. Kota ini dianggap suci dalam tiga agama Abrahamik utama. Yudaisme, Kekristenan, dan Islam. Sepanjang sejarahnya yang panjang, Yerusalem pernah dihancurkan setidaknya dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, dan direbut serta direbut-kembali 44 kali. Bagian tertua kota ini menjadi tempat permukiman pada milenium ke-4 SM. Pada tahun 1538 dibangun tembok di sekitar Yerusalem dalam pemerintahan Suleiman Al-Qanuni.

Bacaan Lainnya

02 Oktober 1883 : Sejarah mencatat ditemukannya galaksi NGC 22 oleh Edouard Jean-Marie Stephan. NGC 22 adalah galaksi spiral yang terletak di rasi bintang Pegasus.

02 Oktober 1925 : Sejarah mencatat Maulana Rahmat Ali tiba di Tapaktuan, Aceh dan menjadi mubalig Ahmadiyyah pertama di Indonesia. Ahmadiyyah adalah sebuah gerakan keagamaan Islam yang dibawah oleh Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908) bertujuan untuk membangkitkan umat Islam India yang berada pada penjajahan Kolonial Inggris yang membawa pengaruh dalam penyebaran agama Kristen oleh para misionaris, mengkanter gerakan modernisasi Sayyid Ahmad Khan dan kebangkitan fundamentalisme Hindu Arya Samaj.

02 Oktober 1928 : Sejarah mencatat didirikannya sebuah organisasi Katolik bernama Opus Dei oleh seorang Imam Spanyol Josemaría Escrivá. Opus Dei, sebelumnya dikenal dengan Prelature of the Holy Cross and Opus Dei. Tujuan prelature ini adalah untuk turut menyumbang dalam misi penyebaran ajaran gereja dengan menyebarkan pesan bahwa setiap orang dipanggil untuk menjadi seorang santo/santa dan seorang rasul. Opus Dei mendorong umat Kristiani dari seluruh kelas sosial untuk hidup secara konsisten dalam kepercayaan mereka di tengah keadaan biasa dari hidup mereka.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

02 Oktober 1935 : Sejarah mencatat Italia menginvasi Abisinia (Ethiopia).

02 Oktober 1941 : Sejarah mencatat dimulainya pertempuran Moskwa. Pertempuran Moskwa merujuk kepada upaya pertahanan ibu kota Soviet, Moskwa dan serangan balik terhadap pasukan Jerman yang berlangsung antara Oktober 1941 dan Januari 1942 di Front Timur pada Perang Dunia II.

02 Oktober 1958 : Sejarah mencatat Merdekanya Guinea dari Perancis. Guinea secara resmi disebut Republik Guinea, sebuah negara di Afrika Barat yang sebelumnya diketahui sebagai Guinea Prancis. Sekarang negeri ini kadang-kadang disebut Guinea-Conakry untuk membedakannya dengan tetangganya, Guinea-Bissau. Ibu kota, pusat pemerintahan, dan kota terbesarnya adalah Conakry. Guinea memiliki luas 246.000 kilometer persegi (94.981 mil persegi). Batas barat dan selatannya adalah Samudera Atlantik. Guinea bertetanggaan dengan Sierra Leone, Liberia, dan Pantai Gading. Guinea memiliki 24 suku etnis. Yang paling dominan adalah suku-suku Fula, Mandinka, dan Susu.

02 Oktober 1998 : Sejarah mencatat didirikannya Bank Mandiri, sebuah bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berkantor pusat di Jakarta. sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.

02 Oktober 2009 : Sejarah mencatat ditetapkannya batik sebagai warisan budaya manusia untuk dunia dari Indonesia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), Sebuah organisasi dibawah naungan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang menangani pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, HAM, dan kebebasan hakiki.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait