Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp
Kilas Balik Aksara

Kilas Balik, Aksaranews.com – Tanggal 04 Oktober adalah hari ke-277 (hari ke-278 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

04 Oktober 1824 : Sejarah mencatat diterapkannya konstitusi baru di Meksiko dan menjadi Republik Federal. Meksiko adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Utara berbatasan dengan Amerika Serikat, Guatemala dan Belize di sebelah tenggara, Samudra Pasifik di barat dan Teluk Meksiko dan Laut Karibia di sebelah timur. Meksiko terdiri dari 31 negeri atau estados dan Daerah Persekutuan Meksiko atau Distrito Federal. Kawasan Metropolitan Kota Meksiko, termasuk Daerah Persekutuan, dan kawasan perbatasannya, merupakan kota berpenduduk paling padat di dunia.

Bacaan Lainnya

04 Oktober 1883 : Sejarah mencatat untuk pertama kalinya, Kereta api Orient Express beroperasi. Dua nama kota yang dikaitkan dengan The Orient Express adalah Paris dan Istanbul, ujung jalur layanan kereta tersebut.

04 Oktober 1957 : Sejarah mencatat diluncurkannya Sputnik I, misi luar angkasa tak berawak pertama milik Uni Soviet. Sputnik diluncurkan dari Kosmodrom Baykonur, di RSS Kazakhstan. Peluncuran Sputnik I ini mengejutkan dunia Barat, dan menyebabkan Amerika Serikat memulai Perlombaan Antariksa.

04 Oktober 1966 : Sejarah mencatat Lesotho merdeka dari Britania Raya. Lesotho, secara resmi Kerajaan Lesotho, adalah sebuah negara enklave yang terkurung di Afrika bagian selatan yang sepenuhnya dikelilingi oleh Afrika Selatan. Ukurannya lebih dari 30.000 km² dan memiliki populasi sedikit di atas dua juta. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Maseru. Negara ini termasuk dalam anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Nama Lesotho secara kasar berarti tanah orang-orang yang berbicara bahasa Sesotho. Sekitar 40% penduduknya hidup dibawah standar garis kemiskinan internasional dengan penghasilan sebesar $AS 1,25 per hari.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

04 Oktober 1993 : Sejarah mencatat ditembakinya gedung parlemen Rusia oleh sejumlah Tank atas perintah Presiden Rusia, Boris Yeltsin. Menjabat pada 1991-1999 untuk posisi Presiden Federasi Rusia, Yeltsin mendapatkan pujian internasional karena ia secara berani dan sebagai seorang demokrat mampu melawan usaha kudeta yang dilakukan oleh kaum komunis garis keras. Hal ini akhirnya membawa kehancuran komunisme tetapi juga kehancuran Uni Soviet, tetapi menjadikan Yeltsin sebagai orang terkuat di Kremlin. Ia digantikan oleh Vladimir Putin.

04 Oktober 1999 : Sejarah mencatat Maluku Utara resmi menjadi provinsi di Indonesia setelah pemekaran dari Provinsi Maluku. Hingga akhir tahun 2019, penduduk provinsi kepulauan ini berjumlah 2.255.771 jiwa dengan kepadatan 39,26 jiwa/km². Setelah 11 tahun masa transisi dan persiapan infrastruktur, ibu kota Provinsi Maluku Utara dipindahkan ke kelurahan Sofifi, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan yang terletak di Pulau Halmahera yang merupakan pulau terbesarnya.

04 Oktober 2001 : Sejarah mencatat pesawat Siberia Airlines Penerbangan 1812 di perairan Laut Hitam. Tercatat sebanyak 66 penumpang dan 12 awak pesawat tewas.

04 Oktober 2005 : Sejarah mencatat sidang negara-negara Uni Eropa memulai pembicaraan masuknya anggota negara baru yaitu Turki. Sebuah negara di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; serta Laut Mediterania di sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental. Ibu kota Turki berada di Ankara. Namun, kota terbesar di negara ini adalah Istanbul. Tayyip Erdoğan adalah presiden pertama yang terpilih melalui pemungutan suara langsung.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

04 Oktober 2010 : Sejarah mencatat banjir Bandang di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat karena kerusakan hutan menyebabkan Sungai Batang Salai yang berhulu di Pegunungan Wondiwoy meluap – 158 orang tewas dan 145 orang dinyatakan hilang.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait