Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp
Kilas Balik Aksara

Kilas Balik, Aksaranews.com – Tanggal 06 Oktober adalah hari ke-279 (hari ke-280 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

06 Oktober 1944 : Sejarah mencatat berawalnya pertempuran Debrecen pada Perang Dunia II, sebuah pertempuran dalam Front Timur pimpinan Jenderal Maximilian Fretter-Pico mengelilingi dan menghancurkan tiga korps Group Pliyev pimpinan Marsekal Rodion Yakovlevich Malinovsky, Hongaria.

Bacaan Lainnya

06 Oktober 1973 : Sejarah mencatat penyerbuan secara tiba-tiba Suriah dan Mesir ke Israel menandakan dimulainya Perang Yom Kippur. Sebuah perang yang dikenal dengan nama Perang Ramadan atau Perang Oktober.

06 Oktober 1976 : Sejarah mencatat Perdana Menteri (PM) baru Tiongkok, Hua Guofeng memerintahkan penangkapan terhadap Kelompok Empat dan rekan-rekannya, sehingga mengakhiri Revolusi Kebudayaan di Republik Rakyat Tiongkok. Kelompok Empat adalah nama yang diberikan kepada fraksi politik Partai Komunis Tiongkok yang terdiri dari Jiang Qing, Zhang Chunqiao, Yao Wenyuan, dan Wang Hongwen. Kelompok Empat secara efektif mengatur kekuasaan di Partai Komunis Tiongkok pada akhir masa Revolusi Kebudayaan, meskipun tidak terlihat secara pasti mana yang merupakan hasil kerja dari Mao Zedong atau hasil kerja yang murni dilakukan oleh Kelompok Empat. Mereka menjadi terkenal selama Revolusi Kebudayaan (1966-1976) dan kemudian didakwa dengan serangkaian kejahatan pengkhianatan.

06 Oktober 1976 : Sejarah mencatat Terbunuhnya para aktivis mahasiswa yang memprotes kembalinya mantan diktator Thanom Kittikachorn di Universitas Thammasat Bangkok, Kerajaan Thai oleh koalisi paramiliter sayap kanan dan pasukan pemerintah, sekaligus menyebabkan kembalinya militer sebagai penguasa. Thanom adalah seorang anti-komunis. Thanom memimpin militer Thailand dari tahun 1963 hingga 1973, sampai kepada protes publik yang menjadi kekerasan dan memaksanya untuk turun. Sekembalinya dari pengasingan tahun 1976 memulai protes yang kemudian menjadi pembantaian besar-besaran para demonstrator yang disertai dengan kudeta militer.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

06 Oktober 1981 : Sejarah mencatat dibunuhnya Presiden Mesir, Anwar Sadat. Anwar Sadat adalah seorang tentara dan politikus Mesir. Ia menjabat sebagai Presiden ketiga Mesir pada periode 15 Oktober 1970 hingga terbunuhnya pada 6 Oktober 1981. Oleh dunia Barat ia dianggap sebagai orang yang sangat berpengaruh di Mesir dan di Timur Tengah dalam sejarah modern.

06 Oktober 1998 : Sejarah mencatat kembali beredarnya Majalah TEMPO setelah dibredel pemerintah Orde Baru selama 4 tahun. Majalah ini merupakan majalah pertama yang tidak memiliki afiliasi dengan pemerintah.

06 Oktober 2010 : Sejarah mencatat Instagram secara resmi dirilis. Sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait