Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp
Kilas Balik Aksara

Kilas Balik, Aksaranews.com – Tanggal 07 Oktober adalah hari ke-280 (hari ke-281 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

07 Oktober 1571 : Sejarah mencatat pertempuran Lepanto dimenangkan Dinasti Habsburg. Sebuah pertempuran laut yang berakhir dengan kemenangan telak di pihak Liga Suci, koalisi negara-negara maritim Katolik Eropa yang terbentuk atas prakarsa Paus Pius V, dipimpin oleh Laksamana Spanyol Don Juan de Austria, dan lebih banyak didanai oleh Kekaisaran Spanyol, setelah secara meyakinkan mengalahkan armada Kesultanan Utsmaniyah di ujung utara Teluk Korintus, lepas pantai barat Yunani.

Bacaan Lainnya

07 Oktober 1756 : Sejarah mencatat Sultan Hamengkubuwana I secara resmi pindah ke Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

07 Oktober 1806 : Sejarah mencatat dipatenkannya kertas karbon oleh sang penemu, Ralph Wedgewood di London. Sebuah kertas dengan lapisan tinta kering yang diikat dengan lilin di salah satu sisi. Digunakan untuk membuat salinan naskah hingga beberapa salinan sekaligus. Produsen kertas karbon dulunya merupakan konsumen montan wax terbesar.

07 Oktober 1914 : Sejarah mencatat Jacobus Grent ditahbiskan sebagai imam. Seseorang yang diberikan wewenang untuk menyelenggarakan upacara keagamaan. Jabatan atau kedudukan mereka disebut imamat, istilah yang juga dapat digunakan secara kolektif.

07 Oktoner 1919 : Sejarah mencatat didirikannya KLM (Koninklijke Luchtvaart Maatschappij), sebuah perusahaan penerbangan tertua yang masih tetap menggunakan nama yang sama. KLM berkantor pusat di Amstelveen, dengan operasinya berpusat di Bandara Amsterdam Schipol pada bulan Mei 2004, KLM bergabung dengan Air France, untuk membentuk Air France-KLM. KLM juga merupakan anggota dari aliansi maskapai SkyTeam.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

07 Oktober 1954 : Sejarah mencatat direamikannya Universitas HKBP Nommensen di Pematang Siantar, universitas swasta pertama di Sumatra Utara. Namanya diambil dari nama Ingwer Ludwig Nommensen, seorang penyebar agama Kristen Protestan di antara suku Batak di Sumatra Utara pada akhir abad ke-19. Universitas ini menyelenggarakan hubungan kerja sama International dengan Universitas – Universitas terbaik di Asia, Eropa dan Amerika, baik kerjasama dalam bidang Student Exchange (Pertukaran Pelajar), Studi banding Dosen, Join Research, Scholarship dan kerjasama akademik lainnya, di bawah kendali Kantor Urusan International (Office of International Affairs-OIA) Universitas HKBP Nommensen.

07 Oktober 2004 : Sejarah mencatat Norodom Sihanouk mengundurkan diri dari takhta Raja Kamboja. Mulai tahun 1955 sampai 1970, Sihanouk memerintah Kamboja di bawah pemerintahan satu partai dan menindak perbedaan pandangan politik antara Partai Demokrat dan Pracheachon. Meskipun ia secara resmi mengambil posisi netral dalam hubungan luar negeri, pada praktiknya ia lebih berteman dengan negara-negara komunis, terutama Tiongkok, ketimbang dengan Amerika Serikat dan sekutu-sekutu anti-Komunisnya.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait