Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp
Kilas Balik Aksara

Kilas Balik, Aksaranews.com – Tanggal 08 Oktober adalah hari ke-281 (hari ke-282 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

08 Oktober 1887 : Sejarah mencatat ditemukannya Galaksi IC 10 oleh Lewis A. Swift. IC 10 adalah sebuah galaksi tak beraturan di rasi bintang Cassiopeia. IC 10 adalah galaksi Starburst yang hanya diketahui dalam galaksi Grup Lokal. Jarak nyata antara IC 10 dan Galaksi Andromeda adalah hampir sama dengan jarak nyata antara Galaksi Andromeda dan Galaksi Triangulum, yang menunjukkan bahwa IC 10 termasuk dalam subkelompok M31.

Bacaan Lainnya

08 Oktober 1912 : Sejarah mencatat Montenegro menyatakan perang terhadap Turki. Perang ini merupakan bagian pertama dari Perang Balkan di Semenanjung Balkan dan bertujuan merebut Makedonia yang dikuasai oleh Turki. Perang berakhir dengan kemenangan di pihak Liga Balkan dan ditandatanganinya Perjanjian London.

08 Oktober 1967 : Sejarah mencatat ditangkapnya Pemimpin gerilya Kuba, Che Guevara, bersama dengan pengikutnya di Bolivia. Guevara adalah seorang pejuang revolusi, dokter, penulis, pemimpin gerilyawan, diplomat, dan pakar teori militer asal Argentina yang berhaluan Marxis. Sebagai salah satu tokoh utama dalam Revolusi Kuba, wajah Guevara telah menjadi simbol perlawanan dalam gerakan kontra kebudayaan dan dalam budaya populer. Majalah Time menobatkannya sebagai salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh pada abad ke-20.

08 Oktober 1982 : Sejarah mencatat dilarangnya federasi Solidaritas (Solidarność) di Polandia. Serikat buruh ini adalah yang pertama di negara anggota Pakta Warsawa yang tidak dikendalikan oleh partai komunis. Jumlah anggota serikat buruh ini mencapai 9,5 juta orang pada Kongres di bulan September 1981, atau sekitar sepertiga dari keseluruhan angkatan kerja di Polandia.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

08 Oktober 1991 : Sejarah mencatat Parlemen Kroasia memutuskan seluruh hubungan dengan Yugoslavia.

08 Oktober 2009 : Sejarah mencatat terjadinya ledakan meteor di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kekuatan ledakan diperkirakan mendekati 50 kiloton TNT atau sekitar tiga kali kekuatan bom atom Hiroshima. Perkiraan diameter material yang meledak adalah 10 meter, namun pecahan tidak ada yang sampai di permukaan bumi. Kejadian ini menelan satu korban jiwa tidak langsung akibat gangguan jantung karena terkejut.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait