Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 16 Juli adalah hari ke-197 (hari ke-198 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

Tahun 622, Milenium ke-1, Abad ke-7, Dasawarsa 620-an : Sejarah mencatat dimulainya penanggalan kalender Hijriyah. Sekitar tahun ini, diperkirakan hari Jumat tanggal 19 Juli, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Sasallam berhijrah (berpindah) dari Makah ke Madinah karena mendapat pertentangan yang luar biasa dari kaumnya. Peristiwa ini merupakan momentum yang sangat penting bagi umat Islam karena itu tahun ini ditetapkan sebagai awal dari Kalender Hijriyah.

Bacaan Lainnya

16 Juli 1896 : Sejarah mencatat pengoperasian tahap pertama proyek rel lokomotif uap Kali Serayu dari Maos ke Purwokerto Timur sepanjang 29 Km yang diresmikan oleh Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS). Sebuah perusahaan kereta api yang pernah beroperasi di Hindia Belanda. Perusahaan ini jauh lebih dulu ada dibandingkan dengan eksistensi Staatsspoorwegen di wilayah Purwokerto. Jalur-jalurnya kini termasuk dalam Wilayah Aset V Purwokerto.

16 Juli 1918 : Sejarah mencatat peristiwa pengeksekusian Tsar Nikolai II dari Rusia dan Keluarganya di Yekaterinburg oleh para Bolshevik pada masa Revolusi Rusia. Bolshevik adalah semacam fraksi pecahan dari Partai Sosial Demokrat Rusia yang muncul dalam konferensi di Brussel pada tahun 1903. Partai itu pecah menjadi dua fraksi, yakni Bolshevik ( fraksi mayoritas yang bergaris keras) dan Menshevik (fraksi minoritas yang lebih moderat).

16 Juli 1945 : Sejarah mencatat dilakukannya percobaan peledakan nuklir pertama yang dikenal dengan “Trinity”, dimana peledakannya dilaksanakan di dekat Alamogordo Bombing Range. Sebuah tempat yang berada di antara Carrizozo dan Socorro, New Mexico, AS. Trinity dijadwalkan diledakkan pada tanggal 13 Juli, tetapi karena cuaca buruk, percobaan itu tidak jadi dilaksanakan. Cuaca membaik pada tanggal 16 Juli, dan peledakan dilakukan pada pagi hari pukul 05:29:45 waktu setempat.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

16 Juli 1950 : Sejarah mencatat Penutupan Piala Dunia FIFA 1950 (final), dilaksanakan di Stadion Maracan√£, Rio de Janeiro, Brasil. Uruguay keluar sebagai juara, gelar juara yang ke-2 kalinya (1930 dan 1950), setelah berhasil mengalahkan Brasil dengan skor 2-1.

16 Juli 1969 : Sejarah mencatat diluncurkannya Apollo 11, dimana misinya adalah mendaratkan manusia pertama di Bulan. Neil Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di permukaan Bulan, pada 21 Juli pukul 02.56 UTC, diikuti Aldrin 19 menit kemudian. Mereka berdua menghabiskan waktu kira-kira dua seperempat jam di luar wahana antariksa, dan mengumpulkan 21,5 kg material Bulan untuk dibawa pulang ke Bumi.

16 Juli 1979 : Sejarah mencatat Presiden Irak Ahmed Hassan Al-Bakr digantikan Saddam Hussein yang tak lain adalah sepupunya. Saddam Hussein, sebagai pemimpin Irak dan ketua Partai Ba’ath, ia mengambil kebijakan pan-Arabisme sekuler, modernisasi ekonomi, dan sosialisme Arab ketika tertangkap oleh pasukan koalisi saat menginvasi Irak pada tahun 2003 lalu.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait