Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 18 Juli adalah hari ke-199 (hari ke-200 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

18 Juli (9 Tamus) Tahun 586 SM, Milenium ke-1, Abad ke-6 SM, Dasawarsa 580-an SM : Sejarah mencatat dihancurkannya Yerusalem dan Bait Suci Salomo oleh Babel (pada tahun ke-19 pemerintahan Nebukadnezar II, raja Babel). Babel adalah sebuah kota penting di Mesopotamia kuno yang merupakan ibu kota dari kerajaan dan kekaisaran Babilonia. Peninggalannya kini ditemukan di Al Hillah, Kegubernuran Babil, Irak, sekitar 85 kilometer selatan Baghdad.

Bacaan Lainnya

18 Juli Tahun 390 SM, Milenium ke-1, Abad ke-4 SM, Dasawarsa 390-an SM : Sejarah mencatat terjadinya pertempuran Allia, perang antara Romawi dan Galia, dimana sepasukan tentara Romawi berhasil dikalahkan oleh orang – orang Galia. Disebut pertempuran Allia karena pertempuran ini berlangsung di dekat sungai Allia.

18 Juli Tahun 64 Masehi, Milenium ke-1, Abad ke-1, Dasawarsa 60-an : Sejarah mencatat kebakaran besar terjadi diluar kendali yang membakar musnah Roma, di pertokoan di sekeliling Circus Maximus. Istana Nero, Kuil Jupiter Stator dan Kuil Vesta juga hancur dalam kebakaran itu. Sementara Kaisar Romawi, Nero dilaporkan hanya memainkan sajaknya dan bernyanyi sambil menyaksikan lautan api tersebut dari jarak yang aman.

18 Juli 1195 : Sejarah mencatat terjadinya pertempuran Alarcos. Pertempuran antara Muhawidun (Almohad) yang dipimpin Khalifah Abu Yusuf Ya’qub Al-Mansur bersama beberapa kavaleri Kastilia pimpinan Pedro Fernández de Castro melawan Raja Kastilia Alfonso VIII. Pemimpin Almohad berhasil mendapatkan kemengangan besar atas Raja Kastile Alfonso VIII.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

18 Juli 1785 – Sejarah mencatat William Herschel, seorang astronom dan komponis kelahiran Jerman-Inggris yang terkenal karena menemukan planet Uranus, mengidentifikasi bentuk Galaksi Bimasakti atau Milky Way.

18 Juli 1830 : Sejarah mencatat untuk pertama kalinya Uruguay melakukan penyusunan konstitusinya. Konstitusi dalam negara adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara—biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis. Hukum ini tidak mengatur hal-hal yang terperinci, melainkan hanya menjabarkan prinsip-prinsip yang menjadi dasar bagi peraturan-peraturan lainnya.

18 Juli 1857 : Sejarah mencatat Gubernur Prancis untuk Senegal, Louis Faidherbe tiba di Kayes untuk membantu pasukan Prancis menghadapi perang melawan Umar Tall di Prancis dan berhasil memenangkannya.

18 Juli 1873 : Sejarah mencatat dinobatkannya Oscar II dari Swedia-Norwegia menjadi Raja Norwegia di Trondheim, sebuah kota di Norwegia Letaknya di bagian barat tengah, tepatnya di Country Sor-Trondelag. Pada tahun 2006, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 160.000 jiwa dengan memiliki luas wilayah sekisar 342 km². Kota ini memiliki kepadatan penduduk sebesar 480 jiwa/km². Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Norwegia.

18 Juli 1898 : Sejarah mencatat Marie dan Pierre Curie mengumumkan bahwa mereka telah menemukan sejenis senyawa baru dan menamainya Polonium. Polonium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Po dan nomor atom 84. Unsur radioaktif yang langka ini termasuk kelompok metaloid yang memiliki sifat kimia yang mirip dengan Telurium dan Bismut.

18 Juli 1925 : Sejarah mencatat Adolf Hitler menerbitkan buku manifesto politiknya, Mein Kampf. Buku ini ditulis Hitler saat berada dalam penjara (setelah putsch yang gagal, pada 1923). Dalam buku ini, ia berbicara tentang pandangannya atas Jerman masa depan. Ia juga menggambarkan rencana masa depannya untuk bangsa Yahudi.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

18 Juli 1936 : Sejarah mencatat dimulainya perang sipil Spanyol yang ditandai dengan pemberontakan oleh Jenderal Francisco Franco terhadap pemerintah republiknya. Francisco Paulino Hermenegildo Teódulo Franco y Bahamonde Salgado Pardo atau yang biasa disingkat sebagai Francisco Franco Bahamonde adalah pemimpin de facto Spanyol dari tahun 1939 hingga tahun 1975.

18 Juli 1944 : Sejarah mencatat pengunduran diri Jenderal Hideki Tōjō sebagai Perdana Menteri Jepang pada masa Perang Dunia II karena kegagalannya memimpin Jepang dalam kancah perang. Tojo ialah anggota klik tentara yang mendorong Jepang dalam perang di akhir 1930-an. Sebagai Menteri Perang pada 1940 ialah penolong dalam kepemimpinan Jepang dalam Blok Poros dengan Jermaan Nazi dan Italia. Di antara keputusannya ialah izin persetujuan pemerintah dalam percobaan biologis terhadap para tawanan perang.

18 Juli 1953 : Sejarah mencatat dibuatnya rekaman pertama seorang Bintang rock Elvis Presley di Sun Studio. Elvis Aaron Presley, lahir di Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat, 8 Januari 1935, dan meninggal di Memphis Tennesse, Amerika Serikat.

18 Juli 1961 : Sejarah mencatat didirikannya Ikatan Pelajar Muhammadiyah Di Surakarta. IPM adalah organisasi otonom Muhammadiyah yang merupakan gerakan Islam dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dikalangan remaja, berakidah Islam dan bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah.

18 Juli 1965 : Sejarah mencatat diluncurkannya zond 3. Zond pertama yang berhasil menyelesaikan misinya (mengelilingi Bulan) dan mengambil beberapa foto yang sangat menakjubkan ketika itu.

18 Juli 1966 : Sejarah mencatat diluncurkannya Gemini 10. sebuah pesawat ulang-alik yang diawaki oleh John W. Young dan Michael Collins. Program ini merupakan penerbangan Gemini dengan awak pesawat yang ke-8 dari 16 penerbangan Amerika berawak pada waktu itu.

18 Juli 1974 : Sejarah mencatat didirikannya Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas), sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perumahan dan permukiman. Perusahaan ini telah melaksanakan pembangunan perumahan dan permukiman lebih kurang 400 lokasi di Indonesia dengan total 500.000 unit rumah.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

18 Juli 1977 : Sejarah mencatat bergabungnya Vietnam sebagai anggota di Organisasi Internasional Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB).

18 Juli 1984 : Sejarah mencatat terjadinya pembantaian oleh James Oliver Huberty di sebuah restoran cepat-saji, McDonald’s San Ysidro, California. James menembak secara membabi buta hingga menewaskan sebanyak 21 orang dan melukai 19 lainnya sebelum akhirnya tewas ditembak polisi.

18 Juli 1992 : Sejarah mencatat menghilangnya sepuluh korban pembantaian La Cantuta di Universitas mereka di Lima.

18 Juli 1994 : Sejarah mencatat tragedi pengeboman AMIA. Sebuah peristiwa ledakan dahsyat yang menghancurkan gedung markas beberapa organisasi Yahudi di Buenos Aires, Argentina. Sebanyak 85 orang tewas dan banyak yang mengalami luka parah dalam peristiwa tersebut.

18 Juli 1996 : Sejarah mencatat terjadinya banjir bandang di Sungai Saguenay, Quebec, Kanada akibat terjangan badai. Quebec adalah sebuah Provinsi terbesar di Kanada secara geografis, dan terbesar kedua menurut populasi setelah Ontario. Provinsi ini memiliki penduduk sejumlah 7.568.640 jiwa (Statistik Kanada, Januari 2005). Ini mencakup 24% penduduk Kanada.

18 Juli 1997 : Sejarah mencatat sebanyak delapan ribu orang dari kasta rendah di India berunjuk rasa di Mumbai (Bombai) sebagai bentuk protes atas peristiwa pembunuhan 10 anak-anak oleh polisi.

18 Juli 2003 : Sejarah mencatat ditemukannya Jenazah peneliti untuk Irak, Dr. David Kelly di sebuah hutan kecil dekat kediamannya di Oxfordshire, sebuah kota di Inggris yang memiliki luas wilayah 2.605 km² dan populasi 626.900 jiwa (2005), dengan kepadatan penduduk 241 jiwa/km². Ibu kotanya ialah Oxford.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait