Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

  • Whatsapp

AKSARA, Kilas Balik – Tanggal 04 Agustus adalah hari ke-216 (hari ke-217 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui. Sebagai bahan edukasi untuk pembaca, berikut redaksi sajikan sejumlah peristiwa bersejarah Dunia yang terjadi hari ini.

04 Agustus 1914 : Sejarah mencatat pecahnya Perang Dunia I, dimana Inggris menyatakan perang terhadap Jerman. Sementara Amerika Serikat menyatakan netralitas negara tersebut. Perang ini melibatkan semua kekuatan besar dunia, yang terbagi menjadi dua aliansi bertentangan, yaitu Sekutu (berdasarkan Entente Tiga yang terdiri dari Britania Raya, Prancis, dan Rusia) dan Blok Sentral (terpusat pada Aliansi Tiga yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia; namun saat Austria-Hongaria melakukan serangan sementara persekutuan ini bersifat defensif, Italia tidak ikut berperang). Perang Dunia I adalah konflik paling mematikan keenam dalam sejarah dunia, sehingga membuka jalan untuk berbagai perubahan politik seperti revolusi di beberapa Negara yang terlibat.

Bacaan Lainnya

04 Agustus 1916 : Sejarah mencatat Amerika Serikat membeli Kepulauan Virgin dari Denmark senilai 25 juta dolar AS. Kepulauan Virgin adalah sebuah wilayah di kawasan Karibia. Secara geografis, wilayah ini termasuk bagian dari Kepulauan Virgin. Kepulauan Virgin AS terdiri dari empat pulau utama: St. Thomas, St. John, St. Croix dan Water Island; dan pulau-pulau kecil lainnya.

04 Agustus 1949 : Sejarah mencatat selesainya masa tugas Kabinet Hatta I yang berkedudukan di Yogyakarta yang selanjutnya digantikan oleh Kabinet Hatta II. Kabinet Hatta II adalah kabinet kesembilan yang dibentuk di Indonesia. Kabinet ini dibentuk setelah para pemimpin Indonesia, yang ditangkap oleh pasukan Belanda setelah Agresi Militer Belanda II, kembali ke ibu kota Yogyakarta. Kabinet ini bertugas dari tanggal 4 Agustus – 14 Desember 1949.

Baca Juga :   Hari Ini Dalam Sejarah Dunia

04 Agustus 1983 : Sejarah mencatat Thomas Sankara menjadi Presiden Volta Hulu, usai Kudeta yang dilakukan Blaise Compaoré. Blaise Compaoré adalah rekan dari Presiden Thomas Sankara selama tahun 1980an, dan pada Oktober 1987 ia memimpin kudeta yang membunuh Sankara, kemudian ia memperkenalkan kebijakan “perbaikan”, menjungkirbalikkan kebijakan Marxis yang dikejar oleh Sankara. Ia memenangkan pemilu pada tahun 1991, 1998, 2005, dan 2010.

04 Agustus 2011 : Sejarah mencatat dirilisnya permainan Cut The Rope, sebuah permainan fisika berbasis permainan video teka-teki yang dikembangkan oleh ZeptoLab untuk beberapa platform dan perangkat. Pada Maret 2014, permainan Cut the Rope telah didownload lebih dari 500 juta kali.

(Sumber: wikipedia.org)

Pos terkait