Ini harapan Kadis Dikbud Bantaeng pada pelaksanaan MGMP IPS tingkat SMP

  • Whatsapp
Suasana pelaksanaan MGMP IPS tingkat SMP se-Kabupaten Bantaeng. (AKSARA/Foto: Muhammad Ramli)

Bantaeng, aksaranews.com – Guna meningkatkan pengetahuan Guru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan usia bervariatif ditengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian kompleks, maka perlu ilmu yang baru serta wadah untuk memaksimalkan kinerja guru yang profesional.

Demikian seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Muhammad Haris, M.si, dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tingkat SMP yang dilangsungkan di Aula SMP Negeri 3 Bisappu, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

“Tujuannya Kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan guru. Guru kan ada yang tua dan ada yang muda. Maka selalu butuh ilmu yang baru. Nah, salah satu wadahnya adalah MGMP itu untuk meningkatkan kinerja guru,” kata Haris.

Menurut Haris, MGMP merupakan hal yang penting dan wajib diikuti oleh seluruh guru Mata Pelajaran (Mapel) IPS sebagai tenaga pendidik di tingkat SMP, terutama mengenai peningkatan mutu pendidikan dan proses belajar.

Lebih lanjut ia terangkan, peran guru sebagai tenaga pendidik tidak hanya melakukan pengajaran seperti mendidik, mengajar, mengarahkan, malatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Namun, harus mampu memberikan bimbingan dan pengawasan secara intens.

Dirinya pun berharap, pelaksanaan MGMP tersebut dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kinerja guru yang profesional dan mampu memberikan bimbingan serta pelatihan-pelatihan kepada muridnya.

“Guru sebagai tenaga pendidik secara substantif memegang peranan tidak hanya melakukan pengajaran atau menstranfer ilmu pengetahuan (kognitif). Tetapi juga dituntut untuk bertanggung jawab memantau hasil belajar dan mampu berpikir sistematis tentang apa yang dilakukan dalam lingkungan profesinya. Saya berharap, Guru yang profesional memiliki komitmen pada siswa dan proses belajar,” harap Haris.

Menaggapi hal itu, Ketua MGPM IPS, Muhammad Asy’ad S.Pd memberikan apresiasinya kepada Kadis Dikbud Bantaeng yang tak pernah berhenti mendorong dan mendukung sehingga MGPM tersebut dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh tenaga pendidik, khususnya Mabel IPS Tingkat SMP se-Kabupaten Bantaeng, demi terwujudnya guru-guru yang berkualitas dan profesional,” ucap Asy’ad Kepada aksaranews.com.

Sekedar diketahui, pelaksanaan MGMP tersebut turut dihadiri oleh, Sekretaris Dikbud, Ketua KKS, Imran Iskandar, Ketua MGMP, Abdullah, S.Pd, MM, serta semua guru Mapel IPS tingkat SMP se-Kabupaten Bantaeng. Pelaksanaan MGMP tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis sertifikat kepada anggota MGMP dan pemberian penghargaan untuk anggota yg berprestasi.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait