Inovasi “Raja Smile” RSUD Anwar Makkattu Bantaeng masuk top 30 inovasi terbaik di Sulsel

  • Whatsapp

Bantaeng, aksaranews.com Inovasi Rawat Jalan Sistem Manejemen Dan Informasi Layanan Excellent atau Raja Smile berhasil masuk top 30 inovasi terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2021.

Raja Smile sendiri merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anwar Makkatutu Bantaeng, sejak Oktober 2019 hingga saat ini.

Atas pencapaian tersebut, tim verifikasi lapangan (Verlap) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021 mengunjungi RSUD Anwar Makkattu, selasa (06/04/2021).

Kedatangan tim verifikasi tersebut untuk melihat langsung pelaksanaan salah satu inovasi layanan publik di RSUD Anwar Makkattu Kabupaten Bantaeng.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng, Dr. Hikmawaty menuturkan bahwa, program tersebut merupakan inovasi layanan publik yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan narasumber mengenai masalah kesehatan.

“Layanan digital yang kami luncurkan ini, bertujuan memudahkan pasien untuk mengakses layanan di RSUD Makkattu Bantaeng. Melalui layanan ini, masyarakat tidak perlu lagi mengantri, sebab bisa langsung berinteraksi dengan narasumber,” tutur Dr. Hikmawaty.

Lebih lanjut ia jelaskan, dengan aplikasi itu, calon pasien bisa melakukan pendaftaran dimanapun dan kapanpun sehari sebelum pemeriksaan, sehingga di RSUD nanti tinggal memperlihatkan bukti pendaftaran yang biayanya menjadi tanggungan BPJS.

“Selanjutnya pasien bisa langsung di antar menuju ke poli yang ditujukan. Jadi aplikasi tersebut sudah terintegrasi dan masyarakat bisa mengunduhkan melalui playstore. Disitu sudah lengkap, mulai dari jumlah antrian, jadwal dokter hingga daftar obat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur RSUD Makkattu Anwar Bantaeng, Dr. Sultan memberikan respon positif atas kinerja jajarannya, bahkan dirinya mendukung dan mengaku bahwa, inovasi tersebut merupakan kebanggaan baginya dan jajaran RSUD Bantaeng.

“Kami mendukung inovasi ini, selama tidak mengganggu tugas pokok silakan berinovasi,” Pungkasnya.

Tim Verlap (KIPP) Sulsel sendiri yang di koordinatori Darmayana Arsal, S.Hut, mengapresiasi inovasi yang dikelola pihak RSUD Bantaeng. Menurutnya, inovasi tersebut sudah sangat bagus, hanya perlu ada penambahan fitur-fitur dalam menu aplikasinya.

“Setelah kami Verifikasi tadi, ini betul-betul Inovasi layanan yang sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Khusus lansia, selain memudahkan masyarakat yang tadinya antrian lama. Dengan adanya Inovasi layanan ini masyarakat lebih mudah dan cepat, tinggal akses Aplikasinya. Selebihnya, tinggal dikembangkan dan ditambahkan fitur-fiturnya dalam menu aplikasi,” kata Darmayana.

Pantauan media aksaranews.com turut hadir dalam Tim verifikasi antara lain, Yanwar Dewi Putra Jumain, SH, Darmayana Arsal, S.Hut, MP, Phd, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Sulsel, dan Dra. Hj Erlin, Kasubag Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda Provinsi Sulsel.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait