Jelang HUT RI ke-75, KNPI Boltim Gelar Diskusi Kemerdekaan

  • Whatsapp

AKSARA, Boltim – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar kegiatan diskusi kemerdekaan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75.

Kegiatan yang mengambil tema “Peran Pemuda Dalam Kemerdekaan” tersebut, dilaksanakan di salah satu warung Kopi di Desa Kayumoyondi Kecamatan Tutuyan pada, Minggu (16/08/2020) sekitar pukul 01.00 Wita, siang tadi.

Sekretaris KNPI Boltim, Haikal Mokoagow menjelaskan, kegiatan itu merupakan sebuah bentuk pengembalian semangat juang pemuda merebut kemerdekaan bertahun – tahun lalu, kepada pemuda di era milenial seperti sekarang ini.

“Dimana sebelum Indonesia diproklamasi kan pada 17 Agustus 1945, pemuda lah yang paling berperan penting mendesak kaum tua untuk secepatnya memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada 16 Agustus 1945 itu membuktikan peran pemuda dalam usaha – usaha kemerdekaan Indonesia, sehingga kita kembalikan semangat pemuda pada tanggal 16 Agustus itu, sebelum menuju puncak kemerdekaan Indonesia,” jelas Haikal.

Lebih lanjut ia terangkan, kegiatan tersebut merupakan inisiasi mereka, dimana juga akan dilakukannya malam Tirakatan (suatu ritual yang pelaksanaannya dijalankan pada saat-saat khusus, misalnya masyarakat atau negara berada dalam suatu masa bahaya, pada waktu terkena bencana alam, epidemi dan sebagianya) atau mengais kembali nilai – nilai kebenaran dalam lingkup perjalanan sejarah Indonesia.

“Maka kami menginisiasi, melakukan malam Tirakatan atau mencari nilai-nilai kebenaran, arti daripada proses perjalanan panjang tentang bangsa ini,” terangnya.

Ditambahkannya pula, beberapa kegiatan juga akan dilaksanakan seperti pawai obor dan zona kreatif yang nantinya akan menampilkan berbagai bakat dan kreativitas anak muda Boltim.

“Zona kreatif yang merupakan acara punjak, dimana kami akan menampilkan segala bentuk kreativitas anak muda Bolaang Mongodow Timur, karena kita sadar bahwa Indonesia kali ini bukan lagi berperang mengangkat senjata, melainkan berperang gagasan dan konsep untuk bangsa ini,” tambah Haikal.

Baca Juga :   Penyaluran Bapok Tahap Dua Tunggu Hasil Verifikasi Data Penerima

Dari hasil pantauan Media ini, hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Boltim, Rahman Hulalata, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Udel Simbala, dan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Boltim, Haris Pratama Sumantha, serta para pengurus dan Anggota KNPI Boltim.

Peliput: Fichi | Editor: Redaksi

Pos terkait