Lelaki di Pangkep Temukan Munisi Militer, Diduga Mortir

  • Whatsapp

Pangkep – Sebuah benda diduga mortir oleh Polres Pangkep ditemukan lelaki di jalan Kemakmuran, Desa Parenreng, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan.

Kapolres Pangkep Ibrahim Aji mengatakan, benda tersebut ditemukan oleh warga saat kerja menggali lubang untuk membangun pondasi rumah.

“Ditemukan oleh tukang bikin rumah, mau menggali untuk bikin pondasi, dia lihat besi pertama, tidak lama muncul semacam besi besar itu pengakuannya,” ujar Ibrahim (01/06/2020).

Kejadian penemuannya sudah dua bulan yang lalu (April) oleh Kadir (50), ia waktu itu bekerja menggali lubang untuk membuat pondasi rumah di kedalaman tanah sekira 40 cm. Lalu menemukan benda tersebut, kemudian menyimpannya karena mengira hanya sebuah bongkahan besi biasa.

Lalu, pada hari Jumat tanggal 29 Mei 2020 pukul 20.00 Wita, dia membawa benda itu dan menyimpannya di belakang rumah milik Abdurrahim, dengan maksud nantinya benda tersebut mau dijadikan Parang.

Kemudian, di Hari Sabtu tanggal 30 Mei 2020 pukul 12.40 Wita, seorang Ali yang disuruh untuk membuat parang curiga dengan bongkahan besi yang dibawanya Kadir, ia pun melaporkan ke Babinsa.

Setelah dilihat oleh Babinsa bernama Serma Ruslan menduga bahwa benda tersebut merupakan Jenis mortir sehingga menghubungi anggota Polsek Segeri.

Dari informasi tersebut, Kapolres Pangkep didampingi Kng Ops, Kasat Intelkam, Kapolsek dan tim Jihandak Sat Brimob Polda Sulsel mendatangani lokasi tersebut.

“Sekitar sore hari menuju maghrib waktu itu, saya dan beberapa Tim termasuk Brimob Polda Sulsel mendatangani TKP, dan dugaan kami itu adalah Mortir, Beratnya itu sekitar 5 kilo, panjangnya 35 cm, dan sudah dibawa diamankan oleh Sat Brimob Polda Sulsel,” tutupnya.

Peliput: Andis │ Editor: Redaksi