Menteri Ida Fauziyah resmikan gedung serbaguna BBLK Bantaeng

  • Whatsapp

Bantaeng, aksaranews.com Untuk memperkuat pelatihan vokasi sebagai bagian dari program unggulan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, Kementerian ketenaga kerja (Kemenaker) menjadikan program transformasi balai latihan kerja (BLK) sebagai salah satu lompatan besar.

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Dr. Hj. Ida Fauziyah Ida, M.Si pada saat Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) gelombang I Tahun 2021, yang didampingi Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin Sekaligus meresmikan gedung serba guna Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (20/03/2021) Siang.

Peresmian tersebut dirangkaikan dengan  penandatangan MoU dengan perusahaan ini dan kegiatan pelatihan, sudah dimulai dengan mengunakan protokol kesehatan secara ketat dan pelatihan yang berbeda dengan sebelumnya.

“Pelatihan ini sudah kita mulai dengan ketat melakukan protokol kesehatan jadi jumlah pesertanya berbeda dengan pelatihan pelatihan sebelum ada Covid-19,” ujar Menaker Ida Fauziyah.

Dirinya pun menyampaikan bahwa penandatangan MoU antara BBPLK, dengan pengusaha sangat penting karena di sini berkaitan dengan peserta magang.

“Kita ingin memastikan bahwa peserta pelatihan mendapatkan pelatihan magang, dan tentu saja kita berharap penempatan setelah adanya pelatihan,” katanya.

Pihaknya pun mendorong semua proses pelatihan yang ada di seluruh BBPLK, untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja. Sehingga pelatihan disini tidak melahirkan pengangguran baru, karena mereka bisa di pastikan penempatan.

“Kita selalu bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri dua kepentingannya, adanya kesempatan magang dan penempatan,” katanya

Pelatihan pada gelombang pertama ini medapati Ratusan peserta, karena disini spesifikasinya berbagai bidang diantaranya las dan listrik.

“Animo masyarakat untuk pelatihan ini sangat tinggi bahkan perusahan untuk mendapatkan alumni dari BBPLK Bantaeng ini,” pungkasnya.

Keberadaan BBPLK disini mensupport kebutuhan pemenuhan SDM di industri atau di Perusahaan wilayah Bantaeng ini.

Sementara itu, Bupati Bantaeng Dr.H.Ilham Azikin, Mengatakan dalam laporannya mengatakan saat ini BBPLK Bantaeng satu-satunya BLK yang menyelenggarakan pelatihan teknisi ahli untuk kejuruan Mesin, Las, Listrik dan Mekatronik sebanyak 9 kelas yang saat ini duduk di semester 2 dan 4.

“Tentunya besar harapan kami kedepannya BLK ini akan melahirkan lulusan yang terbaik,” ucap Ilham Azikin.

Lanjut ia sampaikan bahwa kami Pemerintah Bantaeng juga sudah memberikan bantuan modal usaha kepada Masyarakat, serta alat-alat Pertanian bagi masyarakat Bantaeng.

Terakhir ia berpesan kepada peserta BLK yang sudah mengikuti kelas Pelatihan kerja, agar betul-betul memanfaatkan potensinya dengan baik.

Pantauan media aksaranews.com di lokasi kegiatan, turut hadir pada kesempatan itu, Menteri Ketenagakerjaan beserta Jajarannya dan Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin, ketua DPRD Bantaeng Hamsyah Ahmad, Dandim 1410 Letkol CZI Tambohule Wulaa, Kapolres Bantaeng AKBP Rachmat Sumekar SIK, dan  perwakilan dari partai PKB Bantaeng, Andi Sultan, serta Unsur Forkominda.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait