Merespon Instruksi Presiden, JPAR Gencar Sosialisasikan Penerapan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

AKSARA, Manado – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Prof Dr Julyeta Paulina Amelia Runtuwene, MS (JPAR) tak pernah berhenti mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah penyebaran pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini.

Hal ini menyusul dengan adanya instruksi Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) terkait keinginannya untuk melibatkan kaum Ibu yang tergabung dalam kelompok PKK di seluruh Indonesia, dengan harapan dapat bergerak secara masif dalam mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat yang ada di wilayah masing – masing.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu, Jokowi juga menyasar jajaran kementerian terkait dan lembaga negara untuk fokus melakukan sosialisasi pencegahan penularan corona dalam kurun waktu dua pekan ke depan.

“Saya ingin ini melibatkan PKK, coba PKK. Istri Mendagri, saya tidak tahu kalau ibu-ibu khawatir masalah covid mungkin kita rem. Tapi kalau ibu-ibu siap, saya kira PKK ini, sangat efektif door to door memberikan edukasi kepada masyarakat termasuk urusan masker,” ujar Jokowi.

Menurut Presiden yang gemar melakukan ‘blusukan‘ ini, keterlibatan PKK bisa mengubah perilaku masyarakat untuk lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

“Benar-benar harus kita lakukan dengan komunikasi mungkin di TV, di medsos (Media Sosial) secara masif selama 2 minggu ini dengan cara-cara yang berbeda,” kata Jokowi.

Baca Juga :   Pasca Banjir Manado Warga Mulai Bersihkan Rumah, Adolf Sebut Banjir Kali Ini Lebih Parah dari 2014

Menyikapi hal itu, Ketua TP-PKK Kota Manado Julyeta PA Runtuwene (JPAR) menyebut, sebenarnya usaha mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sudah dilakukan pihaknya sejak beberapa bulan terakhir.

Lebih lanjut JPAR paparkan, TP-PKK Kota Manado sudah membagikan masker bagi pengurus kecamatan, kelurahan dan lingkungan sampai Dasa Wisma dan para kader hingga pembuatan disinfektan.

Tampak pembagian masker bagi pengurus kecamatan, kelurahan dan lingkungan sampai Dasa Wisma yang dilaksanakan beberapa pekan lalu. (AKSARA Foto/Dimas Prasetyo Koesnan)

“Program ini turut mengamalkan program pokok PKK di bidang kesehatan. Semoga masa pandemi Covid-19 ini bisa dilewati para keluarga di Kota Manado dengan tetap sehat dijauhkan dari wabah virus corona,” papar isteri Wali Kota Manado G.S Vicky Lumentut ini.

Turut ditegaskannya pula, seluruh pengurus TP-PKK, Dasa Wisma dan kader selalu siap menjadi garda depan dalam mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Selalu pakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan, menjaga jarak satu dengan lainnya, dan di rumah saja jika tidak penting untuk keluar rumah. Jagalah keluarga masing-masing dari virus ini,” pungkas JPAR. (***)

Pewarta: Dimas | Editor: Redaksi

Pos terkait