Optimalisasi Pemasaran Dimasa Pandemi, Pemda Bantaeng Gelar Bimtek Bagi Pelaku UKM

  • Whatsapp

AKSARA, Bantaeng – Dalam rangka optimalisasi pemasaran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di masa penyebaran pandemi (Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng Provinsi Sulwesi Selatan (Sulsel), melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemasaran produk UKM secara online.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku UKM dalam pemasaran secara online yang dilaksanakan di Hotel Ahriani pada Senin (29/06/2020) pagi tadi, dibuka langsung oleh Bupati Sulsel, DR. Ilham Azikin.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, dimasa pendemi aktivitas masyarakat kian terbatas oleh ruang dan waktu. Terbatasnya pergerakan ini, memaksa pelaku UKM untuk senantiasa mengubah pola pemasaran yang lebih baik.

“Semua aspek kehidupan telah terkena dampaknya. Kita telah dibatasi oleh ruang dan waktu. Interaksi kita ikut dibatasi. Dampaknya tentu terasa hingga ke pelaku UKM,” Kata dia.

Lebih lanjut ia tambahkan bahwa, sampai saat ini, belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi berakhir. Maka perubahan strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh pelaku UKM.

“Mau atau tidak, kita akan berada pada sistem perubahan interaksi yang baru. Dimana kita tidak lagi menjual dengan door to door, tetapi secara online,” tambah Ilham Azikin

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Bantaeng, Meyriani Madjid mengungkapkan bahwa, bimtek tersebut selain untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan pelaku UKM, juga untuk mendorong terlahirnya usaha – usaha baru dengan sistem pemasaran yang lebih baik.

Baca Juga :   Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia, Polres Bantaeng Gelar Bakti Sosial

“Saya berharap pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan pelaku UKM. Selebihnya dapat mendorong lahirnya usaha – usaha baru dengan sistem pemasran yang lebih baik, hingga akhirnya UKM di Bantaeng dapat bangkit dan bertahan di masa pandemi ini,” ungkap Meyriani penuh harap. (***)

Pewarta: Ramli | Editor: Redaktur

Pos terkait