Pemda Bantaeng Pacu Upaya Pemulihan Kondisi Pasca Banjir

  • Whatsapp

Bantaeng – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus memacu upaya pemulihan kondisi akibat bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bantaeng pada Jumat (12/06/2020) beberapa hari lalu.

Bupati Bantaeng, DR. H Ilham Azikin menyampaikan bahwa, upaya pemerintah dan pihak terkait dalam melakukan penanganan akan terus di optimalkan,“Banjir terjadi di beberapa  titik diantaranya Kp. Tangnga-tangnga, jl. Pahlawan Kel. Bonto Sunggu Kec. Bissappu, banjir juga menggenangi sebagian wilayah perkotaan seperti jl. Manggis dan kel. Tappanjeng. Kami bersama Suluruh elemen Frokominda, TNI (Tentara Nasional Indonesia) ,Polri (Kepolisian Republik Indonesia) dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), turun Langsung memantau kejadian itu. Kemudian Pada hari Sabtu 13 Juni kemarin kami juga memantau Bendungan Cekdam yang menjadi Penyebab Banjir bandang,” tutur Bupati Ilham Azikin, Minggu (14/06/2020).

Dituturkannya bahwa, pemda juga telah meminta bantuan Badan Sar Nasional (Basarnas) untuk turut membantu proses penanggulangan pasca banjir dalam hal mengevakuasi korban dan kerja bakti pembersihan sejumlah wilayah dari kotoran lumpur yang dibawa arus banjir,”Koordinasi tingkat Daerah dan Provinsi telah dilakukan, kami Berharap Seluruh elemen yang terkait baik Forkominda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), BPBD, TNI/Polri Serta elemen lainnya supaya ikut serta dalam mengevakuasi Korban Banjir serta melakukan kerja bakti,” tuturnya penuh harap.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bantaeng, Samsir mangatakan jika, pihaknya  Bersama Komisaris Besar (Kombes) Brigade Mobil (Brimob) Polda Sulsel,  telah menyiapkan dapur umum serta pembagian Logistik berupa makanan siap saji untuk masyarakat yang terkena dampak banjir,”Kami akan terus memantau penanganan bantuan Logistik. Untuk wilayah terdampak banjir dan belum tersentuh, kami akan kerahkan semua mobil Dinsos dan Kodam guna pembagian Logistik, ini merupakan bagian dari upaya percepatan dalam penanganan Bencana,” kata Samsir.

Baca Juga :   Pemdes Pattallassang Mulai Salurkan BLT-DD Tahap Empat

Sejelan dengan itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantaeng, Irfan Jaya menerangkan jika, pihaknya telah Melakukan Evakuasi dan membantu para warga terdampak banjir untuk mengungsi ke sejumlah tempat yang lebih aman hingga semuanya selesai dibersihkankan,“Adapun beberapa tempat pengungsian tersebut diantaranya Gedung Muhammadiyah (PDM) Jalan Raya Lanto sebanyak 35 orang, Masjid Jami Tangnga 2 sebanyak 35 orang, SD Inpres Tappajeng sebanyak 25 orang, Masjid Nurul Yaqin di Jalan Bangau ada 20 orang, Musholla BRI Cabang di Jalan Kartini ada sebanyak 20 orang, Gedung PGRI Lamalaka ada 25 orang, Masjid Cabodo di Jalan Pahlawan sebanyak 30 orang dan Posko Induk COVID-19 sebanyak 5 orang,” terang Irfan.

Terpisah, Ibu Indri salah satu warga Kampung Garegea yang juga terdampak banjir berharap kepada pemerintah untuk melakukan penanggulangan air bersih yang saat ini sangat dibutuhkan warga,” Saat ini khususnya wilayah Garegea berharap kepada pemerintah agar dapat mempercepat penanggulangan logistik terutama air bersih. Sebab, warga sangat membutuhkan bantuan tersebut,” cetus Indri dengan penuh harap saat bersua dengan wartawan Aksaranews.com.

Peliput : Ramli | Editor : Redaktur

Pos terkait