Pemerintah Bantaeng kenalkan sistem layanan masyarakat berbasis digital

  • Whatsapp
Pemerintah Bantaeng kenalkan sistem layanan masyarakat berbasis digital
Pemerintah Bantaeng kenalkan sistem layanan masyarakat berbasis digital

Bantaeng, aksaranews.com — Pemerintah Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan rapat online menggunakan aplikasi meeting zoom bersama dengan PT Cartenz, Jum’at (19/03/2021) pagi.

Rapat tersebut membahas mengenai layanan Digital Public Service Pajak Daerah atau Citigov yang merupakan inovasi layanan publik digital pemerintah Banteng bertempat di ruang rapat Bupati Bantaeng.

Bacaan Lainnya

Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Azikin menyampaikan sebuah ucapan terimakasih kepada PT. Cartenz Technology Indonesia beserta Tim yang telah bersedia membagi ide kreatifnya untuk Kabupaten Bantaeng.

“Program ini sangat bagus, sesuai dengan visi misi dalam membangun Pemerintah Kabupaten Bantaeng, yaitu memantapkan tata kelola Pemerintahan yang baik, melayani, berkualitas dan berbasis Information Communication Technology (ICT) yang salah satunya akan diterapkan dalam transformasi pelayanan pajak daerah secara digital,” ujar Ilham Azikin.

Kata Ilham dengan ini nantinya tidak hanya pada penggunaan layanan digital public service pajak daerah  saja, akan tetapi dirinya berharap kedepan akan muncul inovasi atau aplikasi lainnya yang mendukung transformasi pelayanan digital di Kabupaten Bantaeng.

Lebih lanjut Ilham mengatakan, tujuan pada  sistem ini adalah menyediakan kanal layanan dan informasi digital untuk berbagai layanan Pemerintah terintegrasi dari mulai kelurahan hingga pemda, dapat melakukan komunikasi dua arah secara online, multiplatform (web, android, ios) kapanpun dimanapun sehingga dapat mempermudah pelayanan baik untuk masyarakat dan pemerintah daerah.

“Selain untuk mempermudah pelayanan, diharapkan dengan adanya sistem ini dapat memutus penyebaran Covid-19 untuk area pelayanan masyarakat,” terangnya.

Sementara dari pihak PT. Cartenz Technology Indonesia menjelaskan, bahwa Citigov merupakan solusi yang disediakan sebagai inovasi layanan publik digital untuk menciptakan peningkatan layanan bagi masyarakat sekaligus peningkatkan kredibilitas penyelenggaraan pelayanan.

“Citigov akan sangat membantu Pemerintah Daerah dalam memberi pelayanan publik kepada masyarakat secara lebih efisien dan efektif, dimana saat ini dengan perkembangan zaman yang serba digital menuntut Pemerintah untuk segera bertransformasi ke era digital pula.

Citigov merupakan aplikasi berbasis mobile dan web yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk mendapatkan pelayanan seperti pembayaran online, pelayanan pajak, informasi seputar Pemerintah, berupa blog serta virtual chat dan konsultasi,” Ucapnya.

Sementara itu, Direktur PT. Cartenz Teknologi Indonesia, Bernadus Hananto Agus Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng yang telah menerima kontribusi sebagai bentuk inovasi Pemerintahan di era digital.

”Kami harapkan aplikasi ini menjadi solusi dan inovasi baru bagi Kabupaten Bantaeng dalam meningkatkan pelayanan masyarakat. Dengan adanya inovasi  diharapkan dapat memacu IT  untuk dapat berperan serta mengembangkan inovasi lainnya guna kepentingan membangun Daerah,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Bantaeng Dr.H.Ilham Azikin, Kepala Dinas (Kominfo) Bantaeng H. Subhan, dan Kepala BPKD Bantaeng, Awaluddin Ramli. (***)

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

Pos terkait