Pimpin Apel Tim Edukasi dan Promosi Kesehatan GTPP Covid-19, GSVL Ingatkan Ini

  • Whatsapp

AKSARA, Manado – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado bersama TNI/Polri, serta Stakeholder yang ada, menggelar apel Tim Edukasi dan Promosi Kesehatan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di kota Manado.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Walikota, DR. Ir. G. S Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA ini, dilaksanakan di Tugu Lilin kompleks Marina Pelabuhan Manado, pada Selasa (04/8/2020) hari ini.

Bacaan Lainnya

Wali Kota, GSVL yang sempat menyampaikan sambutan pada kegiatan tersebut mengajak masyarakat dan semua yang hadir pada saat itu untuk bergotong royong dan bergandengan tangan bersama untuk melawan penyebaran pandemi Covid-19.

“Sehingga kita dapat melewati masa Adaptasi Kebiasaan Baru dengan cerdas, yaitu 3M : dengan cerdas Menjaga Jarak, dengan cerdas Memakai Masker, dan dengan cerdas Mencuci tangan dengan sabun sambil tetap berdoa semoga akal budi, hikmat, dan kebijaksanaan selalu menjadi bagian dalam upaya memutus mata rantai Covid 19 khususnya di Kota Manado dan Daerah Sulawesi Utara pada umumnya.” ucap Vicky Lumentut dalam sambutannya.

Lebih lanjut Ia ingatkan kepada masyarakat ketika terpaksa harus berartivitas di luar rumah, hindarilah keramaian kerumunan. Selain itu, tetap menjaga jarak 1 sampai 2 meter dengan orang Iain, dan jika urusan sudah selesai, segera kembali ke rumah dan langsung membersihkan diri, mencuci pakaian, agar bisa berinteraksi dan bercengkerama dengan anggota keluarga.

Disamping itu, dirinya juga mengingatkan tentang pentingnya mematuhi ajakan Pemerintah sebagaimana telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Republik Indonesia (RI) Nomor. 328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 ditempat kerja Perkantoran dan Industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi seperti saat ini.

Baca Juga :   Penting, Ini Penerapan Ruang Lingkup CHSE di Tengah Pandemi Covid-19

“Marilah kita jaga diri kita dan keluarga kita dengan mematuhi anjuran pemerintah serta peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 44 Tahun 2020 tentang pedoman adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman di provinsi Sulut,” ajak Vicky Lumentut.

Adapun yang perlu dilakukan sebagai bentuk implementasi terhadap penanganan penyebaran pandemi Covid-19 ini tambah Lumentut, yakni dengan melakukan Testing yang Intensif, Menelusuri Kontak Kasus Positif, Suspek dan KERT (Kontak Erat Resiko Tinggi).

Selanjutnya, Masyarakat harus selalu berada di rumah, Pertemuan publik tidak diperbolehkan dan tempat- tempat umum (publik/keramaian) ditutup, Aktivitas bisnis ditutup kecuali untuk keperluan esensial seperti farmasi, supermarket bahan pokok, klinik dan stasiun bahan bakar, Fasilitas Kesehatan di prioritaskan, Fasilitas Pendidikan ditutup dan dilakukan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

“Jangan lupa kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala upaya preventif atau pencegahan yang telah kita kerjakan bersama dengan kesungguhan hati agar pandemi ini cepat berakhir. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Salam sehat pa torang semua,” tutup Walikota GSVL.

Dari hasil pantauan Media ini, Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Manado bersama jajaran pejabat dilingkungan pemerintahan kota Manado, para undangan, dan masyarakat setempat. (***)

Peliput: Dimas | Editor: Redaksi

Pos terkait