Puluhan desa di Boltim ternyata belum tetapkan APBDes 2021

  • Whatsapp
Puluhan desa di Boltim ternyata belum tetapkan APBDes
Dengan belum ditetapkannya APBDes, berdampak pada reward pengelolaan keuangan daerah

Boltim, aksaranews.com Puluhan desa di Kabupaten Bolaang mongondow timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ternyata belum menyelesaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Tercatat sejak Januari hingga maret 2021, tertanggal 15 maret baru 17 Desa yang melakukan permintaan posting dan menyelasaikan APBDes, sisanya 64 desa dari 81 desa yang tersebar hampir di semua kecamatan di Kabupaten Boltim belum menetapkan APBDes.

Bacaan Lainnya

Menurut keterangan Kepala Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Boltim Herlina Damopolii melalui Kepala Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) Rusli Dajoh, keterlambatan menetapkan APBDes tahun 2021 berakibat sejumlah kegiatan di desa tidak akan berjalan.

Hal ini juga sangat berdampak pada reward atau penghargaan pada pengelolaan keuangan daerah.

“Karena terlambat menetapkan APBDes, bisa saja kita tidak akan mendapatkan reward pengelolaan keuangan terbaik, karena dana desa belum posting. Sudah bulan Maret belum posting, harusnya sudah posting sejak Januari,” beber Rusli Dajoh.

Tak hanya itu kata Rusli, sejumlah program seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang seharusnya sudah cair pada tahap satu ini akhirnya molor hingga waktu yang tak ditentukan.

“Bagaimana mau dapat pengelolaan keuangan terbaik, penyaluran BLT tahap satu saja belum ada, padahal sudah maret. Sementara daerah lain sudah,” terangnya.

Sementara itu kata Rusli, mulai hari ini juga pihaknya akan melakukan sosialisasi pemutakhiran data IDM berbasis SDGs desa 2021, sekaligus rapat evaluasi pengelolaan keuangan desa tahun anggaran 2021.

“Hari ini kita mulai melakukan sosialisaai, menindaklanjuti surat dirjen pembangunan desa dan perdesaan,” tutup kabid Pemdes Rusli Dajoh.

Penulis: Riswan | Editor: Redaksi

Pos terkait