Ribuan Jamaah Haji Sulsel Batal Berangkat Tahun ini

  • Whatsapp

Makassar – Pemerintah RI telah memutuskan untuk meniadakan pemberangkatan calon jemaah haji tahun 2020 imbas dari pandemi Corona Virus Diseases atau COVID-19 di seluruh dunia.

Akibat dari pandemi COVID-19, sebanyak 7.000 lebih calon jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terkena dampaknya.

Bacaan Lainnya

Untuk Wilayah Sulsel, Kepala Kantor wilayah Kementrian Agama Sulsel Anwar Abubakar mengharapkan kepada jamaah untuk memahami dalam kondisi saat ini.

“Jadi tentu ini langkah yang terbaik diambil pemerintah. Jadi tentu kita berharap jemaah memahami dan tentu semua ada hikmahnya,” ujar Anwar Abubakar (02/06/2020).

Keputusan penundaan ini, kata Anwar akan berefek pada penundaan ribuan calon jemaah haji asal Sulsel yang rencananya berangkat tahun ini. Tidak hanya itu, efek penundaan in juga pada mundurnya daftar tunggu keberangkatan untuk setahun ke depan.

“Untuk Sulawesi Selatan ada 7.272 orang yang harusnya berangkat tahun ini,” kata Anwar.

Anwar meminta kepada pada calon jemaah haji yang akan berangkat untuk bersabar. Hal ini dikarenakan semua negara pun mengalami hal yang sama, tidak hanya di Indonesia.

“Mudah-mudahan tahun berikutnya sudah bisa kembali normal sehingga pemberangkatan bisa kembali,” tambah Anwar.

Sementara itu Kepala Bidang Haji dan Umrah Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono mengatakan penangguhan ibadah haji ini berlaku untuk seluruh kategori seperti ibadah haji reguler, dan haji khusus.

“Ini sebuah kebijakan yang diambil secara matang dan bijak. Dalam Undang-undang Haji juga ada yang harus dilakukan pemerintah yaitu pertama pelayanan, pembinaan dan perlindungan. Pemerintah wajib memberikan perlindungan kepada jemaah,” tutup Kaswad Sartono.

Baca Juga :   Delapan HIPMI Perguruan Tinggi Se-Makassar Komitmen untuk Fajar dan Putra di Temu Cabang

Peliput: Andis │ Editor: Redaksi

Pos terkait