Sebelum di Tes Urine, 46 Bapaslon Walikota dan Bupati Provinsi Malut Berkomitmen Lakukan P4GN Jika Terpilih

  • Whatsapp
Tampak salah satu petugas medis mengenakan APD lengkap bersama sejumlah Bapaslon Walikota dan Bupati tetap patuhi Protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat pemeriksaan Urine. (AKSARA Foto/Sadan G. A. Pattisahusiwa)

Ternate, Aksaranews.com – Sebanyak 46 Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan Bupati dari 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku utara telah menjalani pemeriksaan urine. Menurut penuturan sumber, pemeriksaan dimulai sejak, Senin (07/09/2020) dua pekan lalu, sampai dengan, Senin (21/09/2020) kemarin.

Periksaan yang dilaksanakan di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Malut itu merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan bagi 41 Bapaslon yang sebelumnya telah diperiksa urine pada kloter pertama. Sedangkan untuk kloter kedua, pemeriksaan untuk 5 Bapaslon yakni, Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Halmahera Timur (Haltim), Ubaid Yakub dan Azis Arafat, Calon Wakil Walikota (Wawali) Ternate, Juhdi Taslim, Calon Wabup Halmahera Selatan (Halsel), La Ode Arfan dan Calon Bupati (Cabup) Halmahera Barat (Halbar), Deni Palar.

Bacaan Lainnya

Ketua Tim pemeriksa yang juga Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pencegahan Masyarakat (P2M) BNNP Malut, Drs Hairuddin Umaternate, M.Si, kepada Media ini menjelaskan, sebelum pemeriksaan urine dilakukan, bapaslon diminta mengisi formulir pernyataan untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sebagai bentuk komitmen jika terpilih.

“Pernyataan ini akan menjadi pegangan dan akan ditagih jika terpilih. Jadi, komitmen dari aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan Narkotika di wilayah masing-masing,” jelas Hairuddin, Selasa (22/09/2020) saat bersua dengan wartawan siang tadi.

Dari pernyataan komitmen tersebut, salah satu bapaslon menyatakan keseriusannya. Jika terpilih, maka seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) sebelum dilantik harus tes urine dan akan melakukan penyuluhan pencegahan Narkoba di setiap sekolah yang ada. Selebihnya, berkomitmen akan membangun kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) di tingkat Kabupaten/Kota.

Baca Juga :   Begini Giat Polres Ternate Memasuki Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah

Selanjutnya, oleh BNNP Malut, hasil pemeriksaan urine akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2020 di Provinsi Malut.

Adapun dari hasil pantauan Media ini, kegiatan pemeriksaan urine berjalan secara tertib, aman dan lancar, serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Peliput: Sadan | Editor: Redaksi

Pos terkait