Sulut Diguncang Gempa 7.1 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Manado, aksaranews.com Gempa dengan Magnitudo 7.1 Skala Ritcher (SR) mengguncang Sulawesi Utara, dengan pusat gempa berada di Kepulauan Talaud, tepatnya lagi berada di 132 KM timur laut kota Melonguane, Kamis (21/01/2021) pukul 20:23 WITA.

Masih hangat pemberitaan soal gempa 6.2 SR yang memporak-porandakan Kota Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat, kali ini Gempa terjadi di Sulut,  membuat warga trauma sehingga kebanyakan warga berhamburan keluar rumah.

Menurut Novlin, salah satu warga Mapanget Kota Manado, mengungkapkan saat terjadinya gempa, dirinya langsung keluar rumah karena guncangan gempa terasa sangat kuat, belum lagi trauma yang masih menghantuinya akibat bencana Palu beberapa waktu yang lalu.

“Saya langsung keluar rumah, karena guncangan terasa sangat kuat belum lagi trauma yang masih menghantui saya akibat bencana di Palu beberapa waktu lalu,” ucap Novlin kepada wartawan aksaranews.com malam tadi.

Menurut informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatolohi Geofisika (BMKG), gempa ini diakibatkan adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina dengan jenis gempa bumi menengah.

BMKG pun mengImbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang beredar di media sosial, karena gempa dengan kekuatan 7.1 SR ini tidak berpotensi tsunami.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi kerusakan baik fasilitas publik atau rumah-rumah warga maupun korban jiwa.

Berikut ini informasi lengkap dari BMKG :

TELAH TERJADI GEMPA BUMI DENGAN PARAMETER SEMENTARA SEBAGAI BERIKUT:

Kekuatan    : 7.1 SR
Tanggal     : 21-Jan-2021
Waktu Gempa : 19:23:07 WIB
Lintang     : 4.98 LU
Bujur       : 127.38 BT
Kedalaman   : 154 Km

Lokasi:
Talaud Islands, Indonesia

Keterangan:
134 km TimurLaut MELONGUANE-SULUT
259 km TimurLaut TAHUNA-KEP.SANGIHE-SULUT
334 km TimurLaut ONDONG-KEP.SITARO-SULUT
465 km TimurLaut TERNATE-MALUT
2598 km TimurLaut JAKARTA-INDONESIA

Informasi Tsunami :

Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI

Penulis: Charly | Editor: Redaksi
"Mau Berita Terbaru Lainnya dari aksaranews.com? Yuk Follow Kami di Google News"