Tingkatkan Produksi Nelayan, Pemkab Bantaeng Serahkan Alat Tangkap Ikan Berbasis Teknologi

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin bersama Kadis Kelautan dan Perikanan, Rita S Pasha saat menyerahkan bantuan kepada seorang perwakilan kelompok nelayan tadi pagi. (AKSARA/Foto: Muhammad Ramli)

Bantaeng, Aksaranews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantaeng, Jumat (18/12/2020) tadi pagi menyerahkan, bantuan alat tangkap ikan dan peralatan pertanian rumput laut yang berbasis teknologi.

Penyerahan bantuan yang diketahui diserahkan langsung oleh Bupati, DR. Ilham Azikin bersama Kepala DKP Bantaeng kepada 10 kelompok nelayan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan produksi hasil tangkapan nelayan di Daerah Bantaeng.

Kepala DKP Bantaeng, Rita S Pasha mengungkapkan bahwa, peralatan yang diserahkan itu, merupakan peralatan berteknologi canggih. Salah satu di antaranya adalah Global Positioning System (GPS) Garmin.

“Dengan alat ini, nelayan akan dapat membaca letak kerumunan ikan saat berada di lautan. Selain itu, peralatan ini juga bisa membantu nelayan untuk tidak tersesat saat melakukan penangkapan ikan,” ungkap Rita sembari menambahkan jika, setiap kelompok nelayan mendapat 2 unit GPS,

Lebih lanjut Rita terangkan, Pemkab Bantaeng juga menyerahkan sebanyak 30 paket alat tangkap pancing rawai dasar yang diperuntukkan kepada 5 kelompok. Selain itu, nelayan dan pembudidaya rumput laut juga diberi asuransi.

“Ada pula asuransi nelayan dan pembudidaya rumput laut sebanyak 1000 polis asuransi dengan 619 asuransi nelayan dan 381 asuransi petani rumput laut,” terangnya

Sementara itu, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin yang sempat menyampaikan sambutan dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa, penyerahan bantuan kepada kelompok nelayan yang ada, merupakan bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan nelayan di wilayah Bantaeng.

Dirinya pun berharap kepada kelompok nelayan yang telah mendapatkan bantuan, agar dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk lebih meningkatkan produksi nelayan.

“Perlu diingat, Peralatan ini diberikan untuk nelayan, dan tidak boleh ada orang per orang yang menguasainya. Sebab pemerintah akan terus melakukan kontrol dan pendampingan terhadap penerima bantuan. Pemerintah juga akan terus berupaya mengedukasi nelayan untuk meningkatkan tangkapan ikan yang berbasis teknologi,” tegas Bupati Ilham Azikin menutup sambutannya.

Pewarta: Ramli | Editor: Redaksi

"Mau Berita Terbaru Lainnya dari aksaranews.com? Yuk Follow Kami di Google News"