Ujian akhir Madrasah sukses digelar, Kemenag Sulut apresiasi MA Muhammadiyah Belang

  • Whatsapp
Ujian akhir Madrasah sukses digelar, Kemenag Sulut apresiasi MA Muhammadiyah Belang
Suasana Ujian akhir Madrasah

Mitra, aksaranews.com Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah atau assesmen kompetensi minimal bagi siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Belang yang dilaksanakan sejak tanggal 8 – 17 Maret 2021 sukses digelar.

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam kunjungan kerja sekaligus monitoring pelaksanaan Ujian.

Kepala Kantor Kemenag Sulut yang diwakili oleh Kabag TU Aswin Kiay Demak, S.Ag, MpdI dalam kunjungan kerja memberikan apresiasi atas pelaksanaan ujian akhir Madrasah yang dilaksanakan secara online melalui kegiatan tatap muka.

Apresiasi tersebut disampaikan kabag TU Kanwil Kemenag didasarkan pada pelaksanaan ujian yang dilakukan secara langsung dengan sistem online melalui smartphone dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Aswin Kiay Demak berharap kegiatan semacam ini terus dipertahankan bahkan sampai pada pelaksanaan ujian semester kelas X dan XI.

Sementara itu Kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah Belang Nurlaila Thahir, S.Ag menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian tahun ini sengaja dilakukan secara tatap muka meskipun dengan sistem online karena telah mengantongi izin pelaksanaan dari Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Tenggara juga dari Satgas Covid-19 Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Tentunya pelaksanaan ini tetap mematuhi protokol kesehatan dimana sebelum pelaksanaan ujian seluruh ruang ujian disemprot dengan disinfektan kemudian seluruh siswa diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Nurlaila Tahir.

Untuk teknis pelaksanaan kata Nuatlaila, setiap siswa diwajibkan membawa sarapan sendiri karena tidak diizinkan keluar ruang ruang sebelum pelaksanaan ujian selesai.

Selain itu penyemprotan disinfektan dilakukan kembali sesaat setelah siswa pulang agar ruang ujian tetap steril untuk digunakan keesokan harinya.

Selain itu Nurlaila juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Komite Madrasah, Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah juga orang tua siswa yang turut serta membantu hingga terlaksananya ujian ini dengan baik.

Untuk peserta ujian tahun ini berjumlah 50 peserta yang terdiri dari dua jurusan yakni IPA dan IPS yang dibagi menjadi 5 ruang ujian dimana setiap ruang ujian ditempati masing masing 10 orang siswa.

Penulis: Zulfan | Editor: Redaksi

Pos terkait