Vaksinasi Covid-19 di Mitra Dijadwalkan Akhir Pekan Ini

  • Whatsapp
Kadis Kesehatan Kabupaten Mitra, Dr. Helni Ratuliu. (Foto Istimewa)

Mitra, aksaranews.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada, Jumat (15/01/2021) pekan ini.

Demikian seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra, dr. Helni Ratuliu kepada kontributor aksaranews.com melalui layanan pesan WhatsApp (WA) bahwa, di tahap I ini ada sebanyak 715 kuota vaksin Covid-19 akan diperuntukkan kepada segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Bacaan Lainnya

“Di tahap pertama ini, dari 715 kuota Vaksin Covid direncanakan yang menjadi peserta perdana adalah Forkopimda Minahasa Tenggara, Tenaga Medis dan Non Medis di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Mitra Sehat, Seluruh Puskesmas dan Dinas Kesehatan Mitra,” ungkap Helni, Selasa (12/01/2021) via WA.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Mitra, David Lalandos, MM menerangkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini tidak dipungut biaya atau gratis. Disinggung soal sanksi jika ada yang menolak divaksin, dirinya menyebutkan bahwa, sampai saat ini, semua Tenaga Kesehatan (Nakes) telah menyatakan kesediaan untuk di vaksin.

“Vaksinasi tidak dipungut biaya. Untuk Tahap I ini, seluruh Nakes yang akan divaksin telah menyatakan kesiapannya, dan sesuai surat Mendagri vaksinasi juga akan dipelopori oleh seluruh Forkopimda. Kecuali, bagi Nakes atau Forkopimda yang tidak bisa di Vaksin karena tidak sesuai dengan syarat-syarat Pelaksanaan vaksin misalnya memiliki riwayat penyakit yang ditentukan,” terang Lalandos.

Sekedar diketahui, Vaksin Covid-19 yang di Produksi oleh Sinovac ini, telah mendapat label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta telah mendapatkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency use Authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Baca Juga :   Infografis COVID-19 Nasional: 06 Juli 2020

Pewarta: Zulfan | Editor: Redaksi

Pos terkait